Kebiasaan untuk Meningkatkan Ranking di Sekolah

10-04-2015 | | 0 Komentar

mendapat nilai bagus

"Mengapa kamu mendapat nilai bagus terus? Sementara saya belajar tengah malam tidak bisa mendapat nilai sebagus kamu.". Pertanyaan seperti itu mungkin sering muncul di benak seorang siswa ketika dia melihat temannya yang terlihat malas-malasan selalu mendapatkan nilai bagus dan ranking yang tinggi di kelas. Untuk mendapatkan nilai bagus dan ranking yang baik, belajar memang di perlukan, tetapi apa yang di lakukan saat belajar juga dapat menjadi faktor penentu terhadap nilai Anda. Kerja keras dalam belajar saja tidaklah cukup, harus di ikuti kebiasaan-kebiasaan belajar yang tepat untuk meningkatkan performa nilai dan ranking Anda. Untuk itu, cobalah perhatikan beberapa tips kebiasaan belajar yang dapat meningkatkan ranking Anda di kelas.

Menulis Tugas dan Jadwal yang Di berikan

Kebiasaan ini dapat meningkatkan nilai dan rankingmu di kelas, sangat logis bukan. Tugas memiliki bobot nilai yang cukup tinggi di sekolah. Jadwal yang tertata rapi juga dapat membuat siswa lebih waspada untuk menghadapi ujian misalnya. Cobalah membiasakan diri menulis setiap jadwal entah itu tugas atau ujian serta tanggal deadline-nya. Anda bisa menggunakan buku ataupun gadget Anda untuk mengingatkan Anda terhadap tugas dan jadwal-jadwal penting di sekolah. Tugas yang di kerjakan dengan terencana dan juga jadwal yang tertata rapi akan sangat membantu nilai dan ranking Anda di sekolah.

Jangan Lupa Membawa PR

Terdengar sangat simpel, lupa membawa PR mungkin menjadi kejadian yang umum pada siswa sekolah. Tapi, banyak yang mendapat nilai 0 (nol) karena lupa membawa PR. Anda tidak mau kan, usaha Anda dalam mengerjakan PR tidak mendapat nilai? Biasakanlah memasukkan PR Anda ke dalam tas setelah selesai membuatnya. Ingat selalu lakukan hal tersebut sebelum Anda tidur.

Komunikasi Dengan Guru

Kesuksesan seorang siswa di kelas tidak akan pernah terlepas dari hubungan antara guru dan murid. Kesalahpahaman menjadi salah satu faktor dimana seorang siswa mendapat nilai buruk di kelas. Tidak sedikit siswa yang salah mengerjakan tugas karena dia salah memahami maksud dari gurunya. Oleh karena itu, biasakan lah bertanya pada guru jika ada hal yang kurang di mengerti. Tidak perlu takut ataupun malu. Sekolah-sekolah di Indonesia, biasanya menerapkan nilai afektif yang dipengaruhi oleh keaktifanmu di kelas. Bertanya bisa jadi adalah salah satu cara meningkatkan nilai ini.

Mencatat dengan Menarik

Mencatat adalah hal yang sangat penting. Mencatat dengan efektif dan menarik tentu akan banyak membantu, khususnya pada saat ujian. Gunakanlah warna seperti stabilo, sticky notes dan teknik mencatat berupa gambar yang tentunya dapat membuat Anda lebih memahami isi dari catatan Anda. Dengan membiasakan diri membuat catatan yang menarik, tentu dapat meningkatkan minatmu dalam membaca catatan. Tidak sedikit siswa yang bahkan pusing saat melihat catatannya kembali saat menjelang ujian.

Mengatur Kebiasaan Tidur

Nilaimu tidak akan maksimal jika saat ujian, badanmu tidak dalam kondisi yang fit. Kebiasaan tidur menjadi faktor utama dalam hal ini. Cobalah biasakan tidur terjadwal. Buat jadwal jam tidur dan bangun untuk setiap harinya agar Anda bisa bersekolah dalam kondisi yang fit.

Mengerjakan Tanpa Menunda

Kebiasaan buruk bagi banyak siswa adalah menunda pekerjaan. Entah itu tugas ataupun belajar saat menjelang ujian. Kebiasaan untuk mengerjakan tanpa menunda akan sangat membantu dalam meningkatkan nilai dan ranking di sekolah. Selain tidak terburu-buru dan lebih memiliki persiapan, siswa juga mempunyai banyak waktu untuk melakukan review terhadap PR ataupun belajarnya.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar