Trik Menghafal Tabel Periodik Kimia

10-04-2015 | | 0 Komentar

tabel periodik kimia

Saat mempelajari mata pelajaran Kimia, apa yang paling penting dalam mata pelajaran tersebut? Jawabannya tak lain dan tak bukan adalah tabel periodik. Entah itu adalah sebuah tugas, untuk ujian atau hanya sekedar ingin tahu, tabel periodik adalah bab paling penting dalam Kimia. Namun dari begitu banyak elemen Kimia yang ada di tabel periodik tersebut, akan sangat sulit untuk menghafalnya. Adakah cara mudah untuk menghafal tabel periodik tersebut?

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum mempelajari tabel periodik adalah tentunya mencetak tabel periodik tersebut. Hal ini dapat banyak membantu Anda dalam latihan menghafal tabel periodik Kimia serta urutan unsur-unsurnya. Selalu ingat bentuk tabel periodik di dalam otak Anda. Berapa banyak kotak dalam tabel periodik, berapa baris dan berapa kolom yang di miliki oleh tabel periodik Kimia. Hal tersebut sangat penting karena mempelajari tabel periodik Kimia harus menggabungkan teknik hafalan dan juga membayangkan.

Trik Menghafal Tabel Periodik Kimia

Sekarang kita telah memiliki tabel periodik. Lalu bagaimana cara menghafalnya? Menghafal dengan cara biasa? Tentu akan memakan waktu dan tidak efektif. Coba lihat beberapa rekomendasi dari kami, trik untuk menghafal tabel periodik kimia.

Pecah tabel menjadi beberapa bagian. Mungkin Anda hanya bisa mengingat kelompok elemen dalam satu baris atau satu kolom saja dalam satu waktu. Daripada mencoba menghafal langsung seluruh tabel, cobalah hafal dengan perlahan. Cobalah kelompokkan dan hafal per baris atau per kolom. Jika sudah mahir lanjutkan ke kelompok berikutnya.

Lakukan berulang-ulang. Dibanding menghafal dengan intensif, lakukanlah secara berulang-ulang untuk tiap kelompok yang telah Anda bagi sebelumnya. Cukup lakukan di waktu  bebas Anda, misalnya saat Anda mandi, sedang buang air ataupun waktu sebelum tidur. Melakukan hal ini akan membuat informasi dari tabel periodik akan masuk ke long term memory di dalam otak.

Gunakan musik untuk mempelajarinya. Jadikan tabel periodik menjadi musik, hal tersebut akan memudahkan otak untuk mengingatnya. Musik memiliki kecenderungan lebih menyenangkan sehingga otak akan lebih mudah mengingat nada di bandingkan hafalan secara biasa. Coba lihat contoh video Daniel Redcliff membuat tabel periodik ke dalam musik pada video Youtube dibawah ini.


Gunakan Warna. Warnai setiap kelompok dari tabel periodik untuk mempermudah dalam menghafalnya. Dengan warna, otak akan lebih mudah membagi-bagi kelompok di banding hanya menghafal letaknya saja.

Gunakan Jembatan Keledai (Mnemonic). Teknik ini mungkin yang paling populer dalam menghafal tabel periodik. Kuncinya adalah menjadikan tiap kelompok tabel ke dalam kalimat yang lebih mudah di mengerti. Contohnya pada kolom pertama, H-Li-Na-K-Rb-Cs-Fr di jadikan Hari Libur Nasional Kamis Roberto Carlos Frustasi. Lebih mudah di ingat bukan.

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah cobalah review apakah Anda sudah menghafal tabel periodik Kimia tersebut atau tidak. Caranya adalah Anda tinggal mencetak tabel periodik kosong. Cobalah isi per kelompok sesuai yang telah Anda pelajari.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar