Nilai UN 2015 Tidak Menjadi Syarat SNMPTN?

05-03-2015 | | 0 Komentar

soal snmptn

Seperti yang kita ketahui perguruan tinggi negeri adalah tujuan favorit bagi para anak SMA (sekolah menengah atas) yang akan lulus dari masa sekolahnya. Bagaimana tidak, perguruan tinggi negeri di Indonesia selalu mendominasi perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Sebut saja Institusi Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada ataupun Universitas Indonesia. Kualitas dari perguruan tinggi tersebut telah diakui bahkan hingga internasional. Lulusannya pun terjamin kualitasnya dan banyak perusahaan besar di Indonesia akan memprioritaskan lulusan perguruan tinggi negeri tersebut.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD) beberapa waktu lalu telah mengumumkan bahwa ujian nasional tidak lagi menjadi faktor penentu kelulusan. Sebelumnya selain menjadi faktor penentu kelulusan, ujian nasional juga menjadi prasyarat dalam mendaftar ke perguruan tinggi negeri.

Pada ujian nasional 2015, standar nilainya adalah di angka 5,5. Jika siswa tidak mampu mendapatkan angka tersebut, siswa dapat mengulang ujian hingga mencapai angka 5,5. Angka standar tersebut sebelumnya masih menjadi perdebatan apakah akan digunakan untuk seleksi masuk perguruan tinggi negeri atau tidak.

Sebelumnya dalam dialog publik mengenai ujian nasional di Surabaya, Nizam, kepala PUSPENDIK, sempat berkata bahwa nilai ujian nasional tetap digunakan sebagai syarat masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Saat ini telah keluar pernyataan resmi bahwa angka tersebut saat ini tidak lagi menjadi standar/syarat yang dikhususkan oleh pemerintah untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri. Siswa yang mendapat nilai 5,5 dapat mengikuti SNMPTN (Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri).

Pernyataan tersebut tertuang dalam surat edaran tanggal 17 Februari 2015 yang berisi bahwa nilai minimum ujian nasional 2015 dijadikan pertimbangan (tidak wajib) dalam SNMPTN (Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri.

Nizam, kepala PUSPENDIK, berkata bahwa penggunaan nilai ujian nasional untuk SNMPTN sepenuhnya dipegang oleh pengurus Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri dan juga pengurus perguruan tinggi negeri tersebut.

Nah untuk kalian-kalian yang berencana melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dari sisi pemerintah sendiri telah menyerahkan syarat SNMPTN sepenuhnya kepada tim SNMPTN dan tim perguruan tinggi negeri yang bersangkutan. Kita tunggu saja apa saja syarat selengkapnya untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri.

(Disadur dari berbagai sumber)


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar