5 Cara Mengajari Anak Membaca

28-01-2015 | | 0 Komentar

Cara Mengajari Anak Membaca

Anak-anak sudah dapat belajar memahami sesuatu bahkan sebelum mereka dapat membaca teks. Dengan menonton dan mendengarkan apa yang dilakukan oleh orang dewasa, mereka akan mulai belajar membaca dan memahami apa yang orang tersebut lakukan. Mengajari anak untuk membaca adalah proses yang baik untuk orang tua dan anak. Selain memperdekat hubungan antara orangtua dan anak, mengajar anak membaca akan membuat kehidupannya di sekolah nanti akan menjadi lebih mudah. Tentunya untuk mempermudah mengajar anak membaca diperlukan taktik dan strategi yang tepat agar si Kecil dapat membaca dalam waktu singkat.

Berikut 5 Cara Mengajari Anak Membaca:

1. Mulailah Sedini Mungkin

Mengajar anak membaca adalah suatu hal yang membutuhkan proses. Lakukanlah sedini mungkin dan lakukan hal tersebut setiap hari. Hal ini akan memperkuat ikatan orang tua dan anak dan kenikmatan saat membaca bersama ini adalah salah satu parameter terbesar keberhasilan saat memasuki pendidikan anak usia dini. Berapa banyak buku yang dibaca tidak masalah yang terpenting adalah setidaknya 20 menit setiap hari untuk mengajari anak membaca.

Mulailah dengan buku yang mudah dimengerti terlebih dahulu. Pada usia 1 tahun misalnya, mulailah dengan buku bergambar ataupun buku dengan gambar nyata (Board Book). Selanjutnya pada usia 1-3 tahun mulailah masuk ke buku dengan cerita pendek atau buku yang memiliki lagu di dalamnya. Saat usia 3-5 tahun Kita dapat menggunakan buku cerita untuk memperkuat kemampuan membaca alfabetnya.

2. Tanyakan Pertanyaan

Selama mengajari anak membaca buku, sebelum dan juga sesudah jangan pernah lupa untuk menanyakan pertanyaan kepada si Kecil. Hal ini akan membuat mereka lebih berinteraksi dengan buku. Selain itu dengan memberi pertanyaan akan membuat kemampuan memahami apa yang di bacanya menjadi lebih berkembang.

Saat usianya masih sangat kecil (1 tahun misalnya), Kita sebagai orangtua dapat membantunya sambil bertanya pada mereka misalnya "Kamu lihat dimana kucing itu?" Sambil menunjuk pada gambar kucing. Hal ini akan menambah pengetahuan dan juga kosakata mereka. Setelah semakin besar Kita dapat bertanya tanpa memberikan clue pada mereka, bahkan Kita dapat bertanya misalnya saat melihat cover buku "Kira-kira buku ini ceritanya tentang apa?". Dengan cara ini, akan mengembangka intuisi sang Anak.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar