Apa itu NISN, Nomor Induk Siswa Nasional?

09-02-2015 | | 1 Komentar

gambar kartu nisn

Apa itu NISN?

Setiap siswa-siswi yang bersekolah di sekolah tertentu biasanya memiliki NIS atau Nomor Induk Siswa. Nomor Induk tersebut dijadikan acuan kode unik untuk siswa tersebut sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam kegunaan seperti bayar uang sekolah dan lain sebagainya. Saat ini pemerintah Indonesia telah membuat suatu sistem seperti NIS tersebut tetapi bersifat global namanya adalah Nomor Induk Siswa Nasional atau disingkat NISN.

Banyak orang yang belum mengetahui apa itu NISN. Sebenarnya setiap orang yang bersekolah pasti memiliki NISN. Pemerintah memiliki suatu kode khusus seperti NIS pada setiap siswa di Indonesia. Nomor Induk ini dibuat agar pemerintah lebih leluasa dalam merencanakan program-program pendidikan dengan lebih akurat. 

Siapa yang mengelola NISN?

Kode NISN siswa ini dikelola oleh sistem Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) dibawah Kementrian Pendidikan dan Budaya. Sistem DAPODIK ini dikelola oleh tim PDSP (Pusat Data dan Statistik Pendidikan). Di dalam sistem DAPODIK ini terdapat segala informasi mengenai data-data pendidikan. Jika kamu adalah pelajar disalah satu sekolah maka informasi kamu pun ada di sistem tersebut. Selain data siswa DAPODIK juga memiliki data lengkap pengajar. Seperti para siswa, para pengajar juga diberi kode khusus bernama NUPTK singkatan dari Nomor Unik Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.

Saya Belum Pernah Register NISN kok?

Nomor NISN siswa tidak di register perorangan. Pemerintah bekerja sama dengan sekolah-sekolah di Indonesia dalam pemberian NISN ini. Saat kamu mendaftar ke suatu sekolah, sekolah akan memberi data kamu kepada KEMDIKBUD dan mereka akan melakukan pengecekan. Jika kamu belum memiliki Nomor Induk Siswa Nasional, mereka akan membuatkan NISN tersebut. Selanjutnya pemerintah akan mememberikan kembali Nomor Induk Siswa Nasional tersebut ke sekolah.
Perlu diketahui nomor NISN ini bersifat seumur hidup. Sekali saja kamu mendapatkan nomor tersebut, artinya nomor tersebut kamu bawa sampai seumur hidup. Tidak terkecuali saat kamu pindah sekolah. Jika saat kamu pindah sekolah Nomor Induk Siswa kamu pasti berubah, tetapi tidak dengan NISN. Data kepindahan sekolahmu pun akan tercatat di DAPODIK.

Memangnya Apa Kegunaan NISN?

Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan, NISN membuat pelaksanaan program-program pemerintah menjadi lebih mudah dan akurat. Misalnya saja pelaksanaan program BOS dan ujian nasional. Pemberian BOS akan lebih akurat karena sudah tersistem di dapodik. Begitu juga dengan ujian nasional. Saat ini kita sudah bisa mengecek hasil ujian nasional secara online. Nantinya pun KEMDIKBUD dapat memanfaatkan data-data ini untuk membuat program atau kebijakan yang menggunakan teknologi informasi. Jadi jangan heran belakangan ini mulai muncul wacana untuk melakukan Ujian Nasional Online.

Sudah Ada NISN, kenapa Masih Ada NIS?

Setiap sekolah memiliki kebijakan masing-masing. Masih banyak sekolah yang menerapkan Nomor Induk Siswa biasanya agar mereka lebih leluasa dalam pemberian kode. NISN memang cukup panjang dan sangat memungkinkan nomor setiap anak tidak urut. Hal biasanya membuat proses back office sekolah menjadi lebih lama sehingga menggunakan NIS masih lebih efektif. Tapi saat ini sudah banyak sekolah-sekolah yang menggunakan NISN ketimbang NIS.

Saya Tidak Tahu NISN Saya, Bagaimana Cara Mencari NISN?

Untuk mengetahui cara mencari nisn ada beberapa cara. Baca artikel Cara Mencari NISN untuk mengetahuinya lebih lanjut.


Sudah tahu kan sekarang kegunaan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Jadi tidak perlu bingung lagi jika nanti ingin melihat nilai ujian nasional diminta nomor NISN siswa.

Share Artikel ini di Sosial Media

Login untuk memberikan komentar
Jamema 15-10-2017 | 21:41 WIB
Internet Pharmacy [url=http://costofcial.com]cialis online[/url] Cialis Ou Acheter Internet