Belajar Larut Malam? Coba Ikuti Tips Ini

09-04-2015 | | 0 Komentar

telat bangun untuk sekolah

Jam berapa waktu belajarmu? Apakah pagi hari, malam hari atau bahkan saat larut malam. Tidak sedikit siswa sekolah yang lebih suka belajar saat waktu memasuki jam-jam orang tidur. Mungkin suasana yang lebih tenang dan atmosfir malam yang dingin menjadi alasannya. Tapi hal tersebut biasanya menjadi masalah bagi orang tua. Orangtua yang banyak mengkhawatirkan jam tidur Anaknya. Namun, berdasarkan beberapa pendapat, belajar larut malam lebih produktif di bandingkan belajar saat pagi hari. Otak lebih mudah menerima informasi-informasi yang di pelajari saat larut malam dan penelitian telah membenarkan hal tersebut.

Tips Belajar Larut Malam

Masalahnya selanjutnya adalah sebagian besar sekolah di mulai pada pagi hari dan jika belajar terlalu larut tentu saja badan akan menjadi kurang siap dalam menghadapi kegiatan belajar-mengajar di kelas. Penelitian juga menunjukkan bahwa jumlah tidur dapat mempengaruhi kinerja belajar di sekolah pada pagi hari.

  • Oleh karena itu, cobalah beberapa tips berikut untuk memaksimalkan belajar malam mu dan juga tidak terlalu membebani tubuh keesokan harinya.
  • Cari tahu apakah Anda adalah morning person (orang pagi) atau nigh person (orang malam). Biasanya ada 2 tipe orang di dunia, orang yang lebih produktif pada pagi hari atau lebih produktif pada malam hari. Bandingkanlah belajar pada pagi hari dan belajar pada malam hari, mana yang lebih Anda suka.
  • Untuk menghindari masalah tidur dengan orangtua, cobalah berkomunikasi dengan mereka. Beri tahu mereka jika otak Anda lebih produktif belajar saat malam hari. Jangan sampai hal ini menjadi masalah di kemudian hari, karena orangtua biasanya sangat memperhatikan jam tidur anaknya.
  • Jangan memulai belajar terlalu larut dan tetap pastikan Anda tidur sekitar 6-7 jam.
  • Saat memulai belajar larut malam, jangan ada hal yang mengganggu Anda agar belajar lebih efektif. Matikan segala peralatan elektronik seperti televisi, radio hingga gadget Anda. Internet, game dan sosial media akan sangat mengganggu kinerja belajarmu. Jangan biarkan hal tersebut menghabiskan waktu belajar mu, Anda bisa melakukan itu pada pagi hari atau sore hari setelah pulang sekolah.
  • Tentukan jadwal deadline untuk tidur. Dan jangan menunda-nunda.

Pada intinya kunci dari belajar larut malam adalah komunikasi dengan orangtua dan juga kedisiplinan saat belajar. Dengan tidak menghabiskan waktu untuk hal-hal di luar belajar, dan disiplin dalam hal waktu, metode belajar saat larut malam bisa saja menjadi metode belajar yang efektif.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar