6 Buku Pendidikan tahun 2015 yang Harus Dibaca Part - 2

06-04-2015 | | 0 Komentar

membaca buku pendidikan

Sebelumnya telah ada 6 rekomendasi buku pendidikan yang wajib untuk dibaca. Kali ini, akan ada 6 buku lagi yang wajib Anda baca, mungkin untuk mengisi waktu senggang kalian atau memang ingin mengetahui berbagai fakta, tips dan strategi dalam dunia pendidikan.

Mindful Learning: Reduce Stress and Improve Brain Performance For Effective Learning

Buku karangan Dr. Craig Hassed dan Dr. Richard Chambers ini membahas bagaimana dalam kegiatan belajar mengajar perlu diperhatikan berbagai hal. Dalam buku ini menjelaskan bagaimana seseorang dalam mengelola stress, meningkatkan kinerja otak dan menciptakan komunikasi dan hubungan yang lebih baik. Mungkin beberapa hal tersebut tidak pernah di perhatikan di sekolah manapun. Biasanya sekolah hanya memperhatikan nilai dan nilai saja. Berapapun usianya dengan lebih memperhatikan detil-detil dalam lingkungan belajar akan membuat perubahan yang positif.

Making Classrooms Better: 50 Practical Applications of Mind, Brain, and Education Science

Ditulis oleh Leslie Hart, seorang spesialis dalam hal belajar-mengajar. Dalam buku ini, akan banyak dibahas bagaimana peran guru yang sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar seorang siswa. Misalnya saja dengan menciptakan iklim kelas yang optimal sehingga dapat memaksimalkan pengembangan keterampilan kognitif seorang siswa. Buku ini memang berisi hasil penelitian yang sudah dilakukan olehnya. Setengah dari buku ini akan menggambarkan bagaimana mengajar berdasarkan berbagai perspektif yang dibahas melalui bidang neuroscience, psikologi dan pedagogi. Setengah buku lagi membahas bukti nyata bagaimana sebuah ruang kelas bisa digunakan dengan semaksimal mungkin. Disana juga dibahas best practice (yang telah biasa di gunakan) dalam penggunaan ruang kelas untuk membantu meningkatkan hasil belajar seorang siswa.

What Connected Educators Do Differently

Di tulis oleh para ahli dalam hal mengajar, Todd Whitaker, Jeffrey Zoul, dan Jimmy Casas, dalam buku ini mereka membagi pengalaman mereka. Mereka menunjukkan bagaimana menggunakan situs jejaring sosial dalam kegiatan mengajar. Dengan terhubung dengan seluruh rekan-rekan di seluruh dunia, kegiatan belajar mengajar dapat di tingkatkan, begitulah kira-kira yang ingin di sampaikan oleh ketiga orang ini. Memang penggunaan teknologi dalam berbagai bidang kehidupan sudah sangat di eksplorasi dalam beberapa tahun terakhir ini. Dan dalam buku ini, bidang pendidikan tidak ketinggalan.

Wired to Create: Unraveling the Mysteries of the Creative Mind

Buku ini di tulis oleh orang yang pernah membuat buku populer, “18 Things Creative People Do Differently”. Buku ini sangat menarik dan lagi-lagi penulis membahas tentang kreativitas. Buku ini banyak berisi pengetahuan yang berasal dari kehidupan para seniman ternama yang visioner, serta banyak berisi nasihat-nasihat yang bersifat praktis. Buku ini dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang di dunia yang ingin belajar untuk menjadi orang yang kreatif. Buku ini akan sangat baik untuk dibaca oleh guru maupun siswa sekolah.

Educating the More Able Student: What Works and Why

Dalam buku ini, penulis menggambarkan pengalaman mereka dan hasil penelitian mereka terhadap berbagai teknik dan fakta-fakta edukasi yang terjadi di berbagai negara maju. Buku ini banyak membahas teknik pengajaran mana yang bekerja dengan baik dan yang tidak. Sangat cocok untuk dibaca oleh para tenaga pengajar.

Building a Community of Self-Motivated Learners: Strategies to Help Students Thrive in School and Beyond

Di tulis oleh seorang blogger dan guru yang memenangkan banyak penghargaan, Larry Ferlazzo, ingin membantu siswa untuk lebih peduli dengan sekolah dan belajarnya. Buku ini akan banyak berisi motivasi-motivasi yang positif untuk para siswa-siswi sekolah. Ada juga teknik untuk seorang guru dalam menciptakan kondisi kelas yang dapat memotivasi para murid-muridnya. Buku ini memang merupakan hasil riset yang telah di lakukan Larry, sehingga buku ini wajib dibaca baik oleh guru maupun siswa.

Tertarik untuk membacanya? Jika Anda adalah seorang guru, murid atau bahkan Anda adalah seorang pemerhati pendidikan, buku-buku diatas sangat wajib untuk dibaca. Ditulis oleh tangan-tangan profesional dan berdasarkan pengalaman dan riset yang nyata tentu saja informasi yang terkandung di dalamnya sangatlah bermutu.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar