4 Film Edukasi Baru untuk Meningkatkan Semangat Belajar

04-04-2015 | | 0 Komentar

menonton film edukasi

Siapa yang tidak suka menonton film? Mungkin hampir tidak ada yang tidak suka melakukan kegiatan yang satu ini. Dengan cerita yang menarik di tambah unsur-unsur yang mungkin dapat menginspirasi dan memberikan pengetahuan, tentu film menjadi favorit para penonton.

Film untuk belajar memang sudah sangat banyak. Namun, bagaimana dengan film-film yang memang bergenre edukasi di dalamnya? Sebenarnya ada beberapa film yang memang bergenre edukasi, hanya saja popularitasnya masih kalah dengan yang bergenre hiburan. Tapi, dari segi plot cerita, tentu tidak kalah. Coba saja film-film baru yang bernuansa sistem pendidikan di bawah ini.

The Homestretch (2014)

Film ini di sutradarai oleh Anne de Mare dan Kirsten Kelly. The Homestretch berceritatentang kehidupan tiga remaja tunawisma yang harus berjuang untuk dapat tetap bersekolah, lulus dan membangung kembali masa depan. Penonton akan di suguhkan betapa kerasnya kehidupan tunawisma dalam dunia pendidikan. Berbagai tekanan dan ujian kehidupan harus di hadapi ketiga pemeran utama tersebut. Banyak makna yang terkandung di dalam film ini, apalagi film ini mempertimbangkan realitas dan tantangan yang dihadapi oleh pemuda tunawisma yang banyak di Amerika dan negara-negara lainnya di dunia.

Most Likely to Succeed (2015)

Lagi-lagi film boxoffice Amerika mengeluarkan film yang mengambil kisah mengikuti realitas yang ada. Kali ini realita sistem pendidikan di Amerika menjadi sumbernya. Dalam film most likely to succeed, digambarkan bagaimana pendidikan di Amerika tidak berkembang walaupun dunia sudah berkembang sedemikian maju. Mirip dengan sistem pendidikan di Indonesia yang masih tidak banyak perubahan semenjak beberapa puluh tahun lalu. Pada film ini, Greg Whitely tidak puas dengan sekolah putrinya sehingga dia mendokumentaikan bagaimana pendidikan di San Diego. 

The Address(2014)

Ken Burn membuat film dokumenter bagaimana sekolah kecil di Vermont bernama The Greenwood melayani an mengajar para pemuda yang cacat atau difabel. Setiap tahunnya para pengajar mendorong para siswa untuk belajar dan menghafal alamat dari Gettysburg dan membacanya secara terbuka di depan orang tua dan masyarakat. Keteguhan dan keberanian dalam menghadapi tantangan oleh para siswa-siswi The Greenwood tersebut sangat menginspirasi bagaimana seorang siswa yang berbeda bisa dapat belajar. Bagaimana dengan kita yang memiliki tubuh lengkap, masih ada alasan malas belajar?

I Learn America (2013)

Disturadari oleh Jean-Michel Dissard dan Gitte Peng, film ini menggambarkan bagaimana tantangan yang dihadapi oleh siswa imigran dalam beradaptasi dengan lingkungan barunya. Film ini bercerita tentang lima siswa yang bersekolah di SMA Internasional di Lafayette, sebuah sekolah kecil yang khusus mengajar mereka yang berasal dari negeri asing. Jika Anda berencana untuk bersekolah di luar negeri mungkin film ini dapat menjadi referensi untuk Anda.

Bagaimana? Coba saja tonton beberapa film bergenre edukasi di atas. Banyak pelajaran dan inspirasi yang bisa kamu dapat dari hanya menonton film tersebut. Siapa tahu setelah menonton film tersebut, kamu bisa menjadi lebih semangat dalam belajar.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar