Orangtua Harus Tahu Cara Bertanya pada Anaknya

29-03-2015 | | 0 Komentar

ayah bertanya pada anaknya

Sebuah kegiatan yang umum terjadi dalam suatu keluarga dimana orang tua ingin mengorek informasi dari Anaknya. Apa yang mereka lakukan hari ini, apa yang mereka pelajari di sekolah, bagaimana kondisi dengan teman-teman dan sebagainya. Bertanya pada Anak merupakah hal baik yang perlu dilakukan oleh semua orang tua. Dengan bertanya, hubungan antara orangtua dan anak menjadi semakin dekat. Selain itu kontrol terhadap Anak juga akan menjadi lebih baik.

Cara Bertanya Orangtua Salah

Laura Stetser, telah meneliti berbagai informasi dari berbagai orangtua tentang bagaimana mereka bertanya dengan Anak-Anak berusia 6 tahun mereka. Bagaimana para orangtua mendorong suatu wacana agar dapat masuk ke dalam otak sang Anak, menjadi fokus dari Stetser.

Dari hasil observasi Laura, kebanyakan orang tua selalu bertanya pada anaknya dengan pertanyaan yang bersifat open-ended. Hal tersebut membuat orang tua terlihat seperti reporter yang bertanya pada nara sumbernya (dalam hal ini Anak). "Bagaimana di sekolah?" Kira-kira begitulah pertanyaan yang diajukan oleh kebanyakan orang tua. Jawaban yang biasa di jawab oleh Anak adalah "baik" atau "biasa saja". Dan pembicaraan berakhir. Tidak ada nilai tambah dari jenis pertanyaan di atas.

Banyak orang tua yang tidak tahu cara bertanya dengan benar terhadap Anaknya. Hasilnya informasi yang mereka dapat pun tidak maksimal. Anak sering kali tidak mendapat kesempatan untuk terbuka pada orang tua mereka.

Bagaimana Cara Bertanya yang Tepat?

Orang tua tidak membutuhkan jawaban singkat yang tidak memiliki informasi yang terkandung di dalamnya. Dari pada bertanya dengan pertanyaan seperti "Bagaimana di sekolah" yang jawabannya hanyalah "Ya" atau "Tidak", sebaiknya carilah pertanyaan yang membuat mereka menjelaskan sesuatu. Misalnya "Apa yang terjadi pada saat jam istirahat tadi?" atau "Biasanya anak-anak di kelasmu bertengkar karena apa?"

Dengan pertanyaan seperti itu Anda bisa mendapatkan respon penjelasan dari Anak yang baik dan juga Anda akan mendapatkan informasi dari kondisi mereka di sekolah. Anda bisa memantau kondisi kelas dia apakah Anak Anda di kucilkan atau tidak. Anda juga bisa melemparkan pertanyaan lanjutan seperti menggunakan kata "siapa" atau "kapan" atau "dimana". Pertanyaan simpel dapat menjadi suatu obrolan orangtua dan Anak yang menarik. Selain itu pertanyaan seperti ini akan mempererat hubungan dan keterbukaan Anak kepada orangtuanya.

Mungkin memang agak susah bagi orang tua yang belum mengetahui teknik dalam bertanya yang baik pada Anaknya. Kuncinya adalah banyak bereksperimen dan latihan dalam bertanya pada Anak. Bertanya pada anak tidaklah seperti reporter yang bertanya pada narasumber. Bertanya pada Anak seharusnya lebih seperti bertanya sesuatu pada teman Anda.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar