Olahraga Meningkatkan Kecerdasan Otak

28-03-2015 | | 0 Komentar


Otak dan Olahraga

Kita cenderung percaya bahwa otak tidak memiliki hubungan apapun dengan otot tubuh manusia. Otot dianggap tidak ada hubungannya sama sekali bagi tingkat kecerdasan manusia. Tapi pendapat tersebut sebenarnya adalah salah besar. Berdasarkan penelitian, ternyata olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan Anda. Selain itu semakin Anda banyak bergerak dan berolahraga, tingkat kecerdasan tersebut dapat di maintain hingga usia tua.

Kita pasti sering melihat para orang yang telah lanjut usia banyak yang mengalami masalah dengan otak mereka, seperti pikun misalnya. Salah satu penyebab dari kepikunan adalah karena kekurangan gerak pada tubuh nya. Anda juga pernah lihat kan orang lanjut usia yang masih sanggup berjalan bahkan berdansa ataupun mengangkat beban seperti orang sehat lainnya, mpok Nori misalnya. Bandingkanlah cara hidup mereka.

Penelitian di Jerman menemukan bahwa orang tua yang menikmati olahraga ringan seperti berkebun, jogging, atau berjalan santai memiliki setengah kemungkinan lebih kecil menderita gangguan kognitif karena usia mereka. Percobaan lainnya menemukan bahwa orang tua yang telah pensiun untuk di minta berjalan-jalan santai beberapa kali dalam seminggu. Hasilnya mereka memiliki nilai lebih baik dalam tes memori. Tidak hanya itu saja, anak-anak yang berjalan kaki ke sekolah mereka cenderung dapat berkonsentrasi lebih baik dari pada mereka yang selalu di antar kemana-mana dengan mobil.

Mengapa Olahraga Bisa Meningkatkan Kinerja Otak

Salah satu alasan penyebab olahraga berhubungan dengan tingkat kecerdasan adalah karena saat olahraga, peredaran darah akan lebih cepat dan pasokan oksigen ke dalam otak otomatis akan lebih cepat dan membantu memberikan energi untuk berpikir. Akibatnya pertumbuhan neuron akan semakin baik dan mungkin dapat mendorong pelepasan neurotransmiter tertentu dan hormon pertumbuhan yang sangat baik bagi kesehatan otak. Hasilnya, konsentrasi orang tersebut dan memori mereka menjadi lebih baik.

Di masa depan, beberapa peneliti mencoba merancang suatu metode khusus yang dapat menggabungkan aktivitas fisik dan latihan kognitif agar dapat melatih otak semaksimal mungkin. Bagaimana, bertambah satu lagi manfaat dari olahraga teratur. Oleh karena itu, jangan sampai pekerjaan atau kesibukan Anda di jadikan alasan untuk malas olahraga atau pergi ke gym. Sempatkanlah beberapa kali dalam seminggi minimal olahraga berjalan atau berlari ringan saja, hal tersebut akan banyak membantu kinerja otak Anda.

Lihat juga video berikut, sumber utama dari artikel ini.



Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar