Kreativitas Perlu di Kembangkan Sejak Masa Sekolah

24-03-2015 | | 0 Komentar


Kreativitas adalah suatu kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan. Apalagi dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat seperti ini, kreativitas menjadi hal yang diperlukan di seluruh bagian kehidupan manusia. Sekolah di Indonesia mungkin masih menomorduakan pendidikan melatih kreativitas Anak sendiri.

Sekolah di Indonesia mungkin masih menomorduakan pendidikan dalam melatih kreativitas murid-muridnya. Sekolah masih cenderung mengutamakan yang sifatnya pada akademis saja (seperti matematika, bahasa, ilmu pengetahuan). Padahal sangat penting bagi sekolah untuk melatih kreativitas murid-muridnya. Mengapa siswa-siswi sekolah perlu di kembangkan kreativitasnya? Coba lihat ulasan di bawah ini.

Kreativitas adalah keterampilan yang dapat dipelajari dan dipraktekkan. Kreatif seringkali di anggap sebagai suatu kepribadian yang di miliki seseorang dari lahir. Namun sebenarnya, untuk menjadi kreatif dapat dipelajari oleh setiap orang. Dengan melatih diri untuk menjadi kreatif, semua orang bisa mendapatkan kepribadian tersebut. Coba perhatikan mahasiswa desain di suatu universitas. Beberapa dari mereka mungkin tidak bisa menggambar sama sekali saat pertama kali mempelajari cara mendesain. Tetapi melalui kerja keras dan terus belajar, mereka dapat membuat sesuatu yang kreatif.

Kreatif itu menular. Menjadi orang yang kreatif seringkali dapat menginspirasi orang lain. Orang akan mudah kagum terhadap hasil perbuatan orang lain yang bersifat out of the box. Coba perhatikan berapa banyak orang terinspirasi dari sebuah meme di internet. Meme memang merupakan fenomena baru di internet buah dari tangan kreatif manusia.

Kreativitas sangat dibutuhkan di dunia kerja. Seorang pemimpin yang baik haruslah kreatif. Dalam survei yang dilakukan oleh IBM terhadap 1500 kepala eksekutifnya, ditemukan bahwa bisnis sangatlah kompleks. Mereka perlu bergerak cepat dan harus mampu berimprovisasi. Kemampuan seperti itu sangat berkaitan erat dengan kreativitas para pemain teater dan pemusik. Selain itu, bersosialisasi dengan klien, mendesain produk dan mengeksekusi ide baru tentu adalah hasil dari pemikiran kreatif. 

Menjadi kreatif akan membantu seorang siswa dalam belajar di sekolah. Biasanya kreativitas akan berhubungan dengan mata pelajaran seperti kesenian. Tetapi tidak hanya itu, semua mata pelajaran (bahkan matematika) membutuhkan kreativitas. Kreativitas sangat erat berhubungan dengan cara seseorang berpikir dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itu memiliki kepribadian ini, akan sangat relevan dan membantu kegiatan akademis seseorang.

Dunia semakin maju dengan pemikiran kreatif. Pada jaman dahulu orang selalu memimpikan dapat terbang seperti burung, ataupun bisa terhubung dengan orang lain dimana saja kapan saja. Coba kita lihat saat ini, pemikiran kreatif telah menghasilkan penemuan-penemuan yang sangat kreatif dari pesawat terbang hingga teknologi internet.

Kreativitas sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi. Inovasi teknologi adalah salah satu contohnya. Saat ini siapa yang tidak menggunakan perangkat telepon pintar? Mungkin hanya sedikit orang yang belum menggunakannya. Smartphone merupakan buah pemikiran kreatif seseorang. Dan saat ini salah satu industri besar yang ada di dunia adalah industri telepon pintar ini. Dimulai dari perangkatnya hingga aplikasi yang ada di dalam telepon pintar tersebut.

Kesimpulannya adalah guru, kepala sekolah, tenaga pendidik lainnya di semua tingkatan, khususnya pada tingkatan wajib belajar 12 tahun, harus mempertimbangkan bagaimana mereka dapat meningkatkan kreativitas murid-murid mereka dengan menerapkannya pada kurikulum sekolah mereka. Percayalah bahwa program seperti pertunjukan seni tidaklah hanya membuang-buang duit. Tetapi mungkin itu adalah salah satu cara berinvestasi untuk meningkatkan kreativitas para murid di sekolah.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar