Kuasai Dahulu Perkalian, Baru Pembagian

21-03-2015 | | 0 Komentar

belajar pembagian

Belajar penambahan, pengurangan, dan perkalian biasanya tidak terlalu sulit untuk dipelajari bagi Anak-anak. Penambahan dan pengurangan dapat dipelajari dengan mudah dengan penggunaan jari ataupun metode-metode perhitungan lainnya. Perkalian biasanya dapat dipelajari dengan lebih mudah dengan mempelajari tabel perkalian. Sebaliknya mempelajari operasi pembagian biasanya dianggap sulit bagi para anak-anak yang baru mempelajarinya. Untuk itu biasanya guru akan mengajarkan operasi pembagian setelah muridnya menguasai operasi perkalian.

Lalu adakah cara yang mudah untuk mempelajari operasi pembagian ini? Jika diperhatikan, operasi pembagian sangat mirip dengan operasi perkalian. Untuk itu biasanya seorang guru akan mengajarkan operasi pembagian setelah muridnya menguasai operasi perkalian.

Mengapa belajar pembagian menjadi jauh lebih mudah setelah menguasai perkalian?

Ada tiga alasan untuk menjawab pertanyaan ini.

  • Tabel pembagian sebenarnya sama dengan tabel perkalian
  • Perbedaan antara tabel pembagian dan tabel perkalian adalah bagaimana cara membacanya
  • Pembagian adalah kebalikan dari perkalian

Mari kita lihat contoh dari hubungan perkalian dan pembagian. Jika ada pertanyaan untuk menghitung hasil dari 3 x 5, siswa akan mudah mendapatkan hasilnya menggunakan tabel perkalian.

Tabel Perkalian


1 2 3
1


2


3


4


5

15

Jika ada pertanyaan pembagian (misal 15 / 3 = ?), mereka dapat menggunakan tabel yang sama untuk memecahkan persoalan tersebut. Hanya mengubah point of view nya saja. Siswa akan menemukan hasilnya adalah 5 dengan berpatokan pada angka 3 dan angka 15. Pada tabel di atas angka 3 dan angka 15 akan dihubungkan dengan angka 5 yang artinya 15 / 3 = 5.

Dari mana siswa harus belajar pembagian?

Pertama, siswa harus akrab dengan tabel perkalian tersebut terlebih dahulu. Selanjutnya cobalah hapal pembagian dari angka 1 ke angka 2 dan selanjutnya. Sama persis dengan metode menghapal tabel perkalian.

Jika siswa sudah merasa sudah cukup banyak mengetahui pembagian, cobalah lakukan tes. Tes pertama, mereka diperbolehkan menggunakan tabel perkalian tersebut untuk menjawab soal. Setelah mereka lebih mahir, cobalah beri tes tanpa tabel perkalian.

Setelah makin mahir dalam menggunakan tabel perkalian/pembagian, siswa perlu diajarkan konsep sebenarnya mengenai pembagian. Karena pada akhirnya yang terpenting adalah bagaimana cara kerja operasi pembagian, bukan menghapal hasilnya. Penggunaan benda seperti kue atau pizza mungkin dapat digunakan agar seorang muri lebih mudah mengerti maksudnya.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar