Hubungan Pendidikan dan Sukses: Mengintip Pendidikan CEO Dunia

20-03-2015 | | 0 Komentar

Seberapa pentingkah pendidikan bagi keberhasilan seseorang? Mungkin pertanyaan tersebut sering muncul di benak banyak orang. Apalagi setelah melihat tidak sedikit ada orang yang bisa sukses tetapi tidak memiliki gelar pendidikan apapun. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang drop out dari bangku kuliahnya.

Pasti Anda mengenal nama-nama seperti Mark Zuckerberg ataupun Bill Gates. Ya, mereka adalah CEO dan founder dari perusahaan teknologi besar di dunia, Facebook dan Microsoft. Tahukah kalian bahwa mereka tidak pernah lulus dari bangku kuliah mereka? Banyak orang yang mengetahui latar belakang mereka mulai berpikir bahwa pendidikan tidak terlalu berguna. Bahkan muncul lelucon bahwa untuk menjadi orang yang sukses Anda harus drop out dari bangku kuliah. Benarkah demikian? Untuk mengetahuinya coba kita jabarkan menggunakan statistik pendidikan CEO di dunia.

statistik ceo dunia

Menurut statistik, ternyata orang-orang seperti bos Facebook dan bos Microsoft ini hanya berjumlah 3,2% di dunia. Hanya 3,2% CEO yang drop out dari bangku kuliah. Namun anehnya, justru CEO yang tidak pernah merasakan bangku kuliah lebih banyak daripada para bos yang drop out ini. Sekitar 3,8% CEO tidak pernah merasakan bangku kuliah. Itu artinya Bob Sadino salah satu orang yang masuk di kategori ini. Jika Anda tidak mengenal Bob Sadino, dia adalah pengusaha ternama di Indonesia. Dia cukup terkenal dengan gayanya yang sederhana dan perkataannya yang terkadang nyeleneh.

Untuk lulusan S1 (sarjana) ada sekitar 25% CEO yang memiliki gelar ini. Angka ini adalah angka bagi CEO yang pendidikan terakhirnya sampai sarjana saja. Itu artinya seperempat CEO di dunia memiliki pendidikan terakhir S1.

Sementara itu menurut statistik, jenjang pendidikan yang terbanyak adalah S2, dimana 68% CEO memiliki pendidikan terakhir S2. Yang lebih mengejutkan adalah 40% dari CEO berpendidikan S2 tersebut adalah dari jurusan MBA (Master of Business and Administration). Jurusan terbanyak penghasil CEO-CEO di dunia. Bagi Anda yang sedang menekuni jurusan bisnis, mungkin boleh berbangga diri.

Jadi kesimpulannya jika melihat statistik, pendidikan/edukasi sangat berkaitan erat dengan kesuksesan seseorang. Tetapi bukan hanya pendidikan saja, banyak faktor lain yang mempengaruhi kesuksesan seseorang. Salah satunya mungkin adalah kemauan untuk terus belajar dan sifat tahan banting yang di miliki oleh kebanyakan CEO tersebut.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar