Kerjasama Indonesia dan Finlandia di Bidang Pendidikan

19-03-2015 | | 1 Komentar

kerja sama indonesia finlandia

Sistem pendidikan Finlandia memang dikenal merupakan sistem pendidikan terbaik di dunia. Dengan sistem yang cukup nyeleneh, seperti misalnya tidak ada penggunaan seragam ataupun jam belajar di kelas dan pekerjaan rumah yang relatif sedikit, Finlandia justru dapat meraih predikat terbaik di dunia.

Ada kabar gembira bagi rakyat Indonesia karena Anies Baswedan sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan telah menandatangani memorandum kerja sama dalam bidang pendidikan dengan negara Finlandia. Penandatanganan resmi di lakukan pada tanggal 19 Maret 2015 di kantor kementerian dan kebudayaan. Fokus kerja sama ini sendiri adalah pengembangan sistem pendidikan pada jenjang sekolah dasar dan juga sekolah menengah.

Sebelum penandatanganan dilakukan, Anies Baswedan dan Krista Kiuru, menteri pendidikan dan komunikasi Finlandia, berbincang cukup lama membahas keadaan kedua negara. Indonesia dan Finlandia memang telah memiliki hubungan diplomasi yang baik selama 60 tahun belakangan. Dengan penandatanganan kerja sama ini, tentu hubungan kedua negara akan semakin harmonis.

Kerja sama terbagi menjadi enam area fokus, yaitu

  • Yang pertama adalah Indonesia dan Finlandia akan melakukan pertukaran informasi dan publikasi ilmiah (seperti jurnal). Kerjasama Indonesia - Finlandia juga akan melakukan pertukaran tenaga ahli (seperti guru) khususnya untuk tingkat PAUD hingga sekolah menengah.
  • Indonesia dan Finlandia akan berfokus pada pengembangan kurikulum dan juga kualifikasi siswa.
  • Pengkajian terhadap sistem pendidikan yang sedang berlangsung agar dapat selalu dikembangkan ke arah yang lebih baik.
  • Kegiatan Belajar Mengajar, termasuk pengembangan kualitas guru.
  • Manajemen sekolah.
  • Isu pendidikan lainnya yang telah disepakati kedua belah pihak.

Kerja sama ini tentunya sangat menguntungkan bagi bangsa Indonesia. Dengan kerja sama ini, tentu sistem pendidikan Finlandia yang terkenal tersebut dapat kita pelajari dengan lebih baik. Fokus kerjasama pada pengembangan dan pertukaran guru pun menjadi hal yang sangat menguntungkan Indonesia karena Finlandia terkenal dengan guru-gurunya yang berkualitas.

Krista Kiuru juga menganggap kerja sama ini adalah momen yang sangat penting bagi hubungan bilateral kedua negara. Tentu dimulai dari kerja sama ini, Indonesia dan Finlandia dapat bahu membahu dalam pengembangan kedua negara di masa depan.

Semoga dengan kerja sama ini, sistem pendidikan Indonesia dapat menjadi semakin baik sehingga sumber daya manusia Indonesia tidak kalah dengan sumber daya manusia dari luar negeri. Apalagi Masyarakat Ekonomi Asean sudah semakin dekat.


Share Artikel ini di Sosial Media

Login untuk memberikan komentar
Nopetris Tollo 04-05-2016 | 22:30 WIB
Kiranya ini menjadi Langkah awal untuk pendidikan kita ke depan.....!!!