Manusia Semakin Bodoh?

17-03-2015 | | 0 Komentar


Di zaman modern ini, teknologi semakin maju dan penyebaran informasi semakin cepat. Tetapi, tahukah kamu bahwa penelitian menunjukkan tingkat kecerdasan manusia semakin menurun? Walaupun teknologi semakin maju dan pintar, sebuah studi yang di lakukan oleh orang Barat menunjukkan bahwa rata-rata  IQ orang Barat turun sebesar 14 poin sejak Era Victoria (sekitar tahun 1800-1900an awal).

Dr te Nijenhuis dan rekan-rekannya (termasuk salah satunya adalah Sir Francis Galton, seorang antropolog Inggris yang masih sepupu Charles Darwin ), mereka menganalisis hasil dari 14 studi intelijen manusia yang dilakukan antara tahun 1884-2004. Setiap studi diukur dengan waktu yang dinamakan waktu reaksi visual. Mereka meneliti berapa lama waktu yang dibutuhkan manusia untuk menekan tombol saat melakukan suatu tes. Waktu reaksi visual tersebut mencerminkan kecepatan pemrosesan di dalam otak seseorang, sehingga dianggap sebagai kecerdasan manusia secara umum.

Pada akhir abad ke-19, waktu reaksi visual manusia rata-rata adalah sekitar 194 milidetik. Pada tahun 2004 justru waktu rata-rata reaksi mereka meningkat menjadi 275 milidetik. Meskipun mesin pengukur waktu reaksi pada akhir abad ke-19 kurang canggih, tetapi menurut Dr. te Nijenhuis data lama tersebut cukup valid dan dapat digunakan untuk membandingkannya dengan data saat ini.

Apa sebenarnya penyebab penurunan tingkat kepintaran ini? 

Dr Jan te Nijenhuis, profesor psikologi di University of Amsterdam, dalam studinya, menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kecerdasan perempuan, kecenderungan memiliki anak justru lebih kecil daripada perempuan yang memiliki tingkat kecerdasan yang lebih rendah. Memang hubungan antara IQ dan tingkat kesuburan menjadi penelitian yang menarik dalam beberapa dekade terakhir ini.

"Penurunan kecerdasan pada manusia, terjadi saat seleksi secara genetik menjadi lebih santai" kata Dr. Gerald Crabtree, profesor patologi dan biologi di Stanford University. Pendapat Dr Gerald ini mungkin ada benarnya karena pada tahun 1940 dimana pada saat itu terjadi perang dunia ke 2 yang tentunya membuat kehidupan manusia semakin sulit, justru menunjukkan data yang berlawanan. Pada tahun tersebut justru tingkat kecerdasan manusia mengalami peningkatan.

Ada lagi orang lain yang berpendapat bahwa teknologi menjadi faktor penyebab penurunan tersebut. Manusia cenderung lebih malas karena untuk mencari informasi ataupun apapun tinggal mencarinya di internet. Ataupun semakin meningkatnya makanan-makanan yang kurang bergizi karena perkembangan teknologi.

Belum ada yang pasti mengenai penyebab penurunan tingkat kecerdasan ini. Tetapi sebagai manusia yang di berikan kemampuan berpikir, tentu kita harus memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya terlepas dari studi menurunnya tingkat kecerdasan manusia ini.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar