Cara Mudah dan Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris

14-03-2015 | | 1 Komentar

belajar bahasa inggris

Kita semua telah mendengar ribuan kali bahwa satu-satunya cara mudah belajar Bahasa Inggris adalah harus terjun langsung menggunakan bahasa tersebut, seperti pergi ke negara-negara yang mayoritas menggunakan percakapan Bahasa Inggris. Tapi tidak semua orang mendapatkan kesempatan seperti itu, tidak semua orang bisa mendapatkan lingkungan yang melakukan dialog Bahasa Inggris sebagai bahasa kesehariannya. Lalu apakah ada cara lain? Ya, ada beberapa cara mudah dan menyenangkan dalam belajar Bahasa Inggris.

Nonton Video di Youtube

Youtube sebagai situs berbagi video terbesar di dunia, mayoritas menggunakan percakapan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama mereka. Banyak dari video-video tersebut menarik untuk ditonton. Dengarlah dialog Bahasa Inggris yang ada di video. Cobalah lihat komentar-komentar yang ada. Anda akan mendapatkan banyak kata-kata Bahasa Inggris baru yang mungkin belum pernah Anda dengar. Gunakan penerjemah bahasa jika memang belum pernah mendengarnya.

Jika Anda memiliki idola internasional yang menggunakan Inggris sebagai bahasa utama mereka, cobalah cari video mereka saat mereka melakukan interview. Atau jika Anda menyukai penyanyi tertentu cari lah video "Behind the Scene" mereka. Pelajari bagaimana cara mereka mengucapkan kalimat, grammar yang mereka pakai dan sebagainya.

Menghapal Lirik Lagu Berbahasa Inggris

Jika kamu menyukai musik-musik tertentu dengan lirik Bahasa Inggris, cobalah sering dengarkan lagu tersebut. Coba terka apa lirik yang diucapkan oleh penyanyi tersebut. Coba artikan maknanya ke dalam bahasa Indonesia. Lakukan berulang-ulang jika masih belum bisa mengerti apa yang di ucapkan oleh penyanyi tersebut. Gunakan earphone atau headphone untuk membantu mendengar kata-kata Bahasa Inggris yang diucapkan oleh si penyanyi. Tulislah dalam kertas lirik Bahasa Inggris yang telah Anda dengar dari lagu tersebut. Jika Anda sudah yakin menulis semua liriknya, bandingkan dengan lirik yang sebenarnya.

Gunakan Situs atau Aplikasi Chat Seperti Omegle

Tidak ada cara paling mudah dan menyenangkan selain melakukan percakapan Bahasa Inggris langsung dengan native speaker. Situs chat seperti Omegle misalnya, memiliki banyak orang luar negeri yang mahir dalam berbahasa Inggris. Cobalah melakukan percakapan dengan mereka. Mungkin Anda dapat salah menyebutkan kata-kata Bahasa Inggris ataupun grammar-nya. Tidak perlu takut ataupun malu jika Anda salah, karena mereka tidak tahu identitas Anda.

Menonton Film

Tidak perlu diragukan lagi kualitas film-film boxoffice. Selain menyenangkan, film-film yang langganan masuk ke bioskop tersebut dapat membantu Anda dalam belajar Bahasa Inggris. Coba dengarkan dialog Bahasa Inggris yang ada di film tersebut. Coba terjemahkan dalam pikiran Anda apa yang mereka katakan. Perlu di ingat, jangan pernah menggunakan subtitle jika Anda ingin belajar Bahasa Inggris lewat film. Itu akan percuma.

Masih banyak cara mudah dan menyenangkan dalam belajar Bahasa Inggris. Yang terpenting adalah menjadi kreatif, dan menggunakan segala sumber daya yang bisa digunakan untuk bisa belajar Bahasa Inggris. Apalagi sekarang teknologi sudah semakin maju. Informasi pun dapat di dapat dengan cepat.


Share Artikel ini di Sosial Media

Login untuk memberikan komentar
Aliyanto E Bakari 14-03-2015 | 23:30 WIB
makasih yaaaa