Tips Mengajar Matematika

11-03-2015 | | 0 Komentar

mengajar matematika

Mata pelajaran yang paling populer mungkin perlu disematkan pada mata pelajaran matematika. Ada orang yang menyebutkan pelajaran ini sangat menyenangkan. Tidak sedikit pula orang yang menyebutkan bahwa mata pelajar ini sangat sulit di mengerti dan mereka membencinya.

Di dunia pendidikan sendiri matematika adalah mata pelajaran utama yang wajib di pelajari di sekolah-sekolah. Bahkan terkadang pintar di pelajaran matematika memiliki prestige tersendiri. Tidak sedikit orang tua yang berharap anaknya pintar dalam matematika dan mereka memberi kursus tambahan pelajaran tersebut pada Anaknya.

Sebenarnya cukup aneh ketika ada yang merasa matematika sangat susah ada pula yang mengatakan matematika mudah dan menyenangkan. Mungkin ada yang salah saat seorang guru dalam mengajari murid-muridnya. Untuk dapat memberikan pemahaman lebih baik tentang matematika, coba lihat tips berikut.

1. Lupakan pelajaran matematika Anda. 

Yang mempelajari matematika bukanlah Anda, tetapi murid-murid Anda. Lupakanlah apa yang pernah Anda pelajari. Jangan gunakan sudut pandang terhadap diri sendiri saat mengajar. Ubah sudut pandang kepada murid-murid Anda. Dalam matematika banyak jalan menuju Roma. Jangan paksakan cara Anda adalah yang paling benar. Beberapa Anak mungkin mudah dalam menerapkan cara Anda dalam soal matematika, tapi mungkin beberapa orang lainnya akan merasa lebih mudah dengan cara lainnya. Jadilah fleksibel.

2. Ini bukan masalah Bagaimana, tapi Mengapa

Salah satu hal yang cacat dalam mata pelajaran matematika adalah seringkali menuntut jawaban yang benar tanpa memperhatikan prosesnya. Kinerja suatu pelajaran dilihat dari hasil akhir bukan proses. Mata pelajaran matematika itu adalah mengenai proses. Walaupun tujuannya adalah hasil akhir, tetapi untuk mendapatkan hasil akhir tersebut dibutuhkan proses yang benar. Tanamkan ke benak murid-murid Anda saat mempelajari Matematika bahwa bukan "Bagaimana" jawabannya, tetapi "Mengapa" jawabannya bisa seperti itu. Mengerti cara kerja rumus akan jauh lebih baik di banding menghapal rumus. Sebagian besar siswa yang merasa sulit matematika karena mereka tidak mengerti cara kerja rumus tersebut dan mereka terpaksa hanya menghapalnya.

3. Baca Panduan Guru

Keberhasilan belajar siswa sangat tergantung pada Anda, para guru. Tidak peduli seberapa baik kurikulum ini dirancang atau seberapa siap Anda dengan bahan-bahan Anda, itu semua akan sia-sia jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan. Bacalah Panduan untuk Guru. Anda akan membutuhkan semua bantuan yang bisa Anda dapatkan. Melalui panduan tersebut akan ada tips dan pedoman yang bisa digunakan untuk seorang guru dalam mengajar.

4. Perbanyak Latihan

Matematika adalah bagaimana cara/proses dalam menyelesaikan masalahnya. Untuk dapat mahir di matematika tidak ada cara paling mudah dengan langsung mengerjakan soal-soal yang ada. Dengan memberikan banyak latihan, tentu guru dapat memahami apa yang dilakukan siswanya dan dimana letak kesalahan mereka.

5. Lakukan perlahan-lahan

Setiap siswa memiliki keterampilan yang berbeda. Beberapa akan menyerap pelajaran lebih cepat dan lebih baik daripada yang lain. Dalam setiap kelas, ada berbagai jenis siswa. Dan sebagai seorang guru tentu harus beradaptasi dengan mereka semua. Cobalah perlambat kecepatan mengajar Anda. Mereka tidak akan mampu memahami pelajaran baru dalam satu atau dua hari. Yang lebih buruk adalah mungkin beberapa dari mereka dapat merasa tertekan dan otomatis berdampak pada perkembangan akademis mereka. Lakukan perlahan pastikan setiap anak di kelas mengerti betul pelajaran yang Anda ajarkan.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar