7 Hal yang Guru Perlu Tahu tentang Siswanya

11-03-2015 | | 0 Komentar

pertemuan guru orang tua

Guru adalah pakar di bidang pendidikan, tetapi untuk masalah siapa yang mengetahui lebih banyak tentang seorang anak tentu orangtua lah orangnya. Memberitahukan pada guru di sekolah tentang apa masalah anak di rumah atau bagaimana tingkah laku mereka di rumah akan menjadi informasi yang sangat penting bagi seorang guru dalam mengatur strategi untuk mendidik siswanya.

Seorang siswa akan dapat melakukan yang terbaik ketika orang tua dan guru bekerja sama dengan baik. Awal tahun ajaran adalah waktu yang tepat untuk membuka dialog dengan guru dari anak Anda. Beberapa orang tua mungkin akan bingung untuk berkata apa kepada guru tersebut. Berikut 7 hal yang perlu disampaikan kepada guru untuk dapat membantu mereka dalam memahami murid-muridnya lebih baik.

Kondisi kesehatan

Jika anak Anda menderita diabetes, alergi terhadap kacang misalnya, atau memiliki kondisi kesehatan yang serius, beritahu guru tersebut. Seorang guru perlu tahu kondisi kesehatan siswa-siswanya. Jika mereka mendapatkan informasi mengenai hal ini, tentu guru akan lebih sigap jika terjadi apa-apa pada siswanya. Tentu Anda sebagai orang tua tidak mau ada hal buruk menimpa Anak Anda bukan?

Masalah keluarga

Beritahu pada guru jika keluarga Anda sedang mengalami masalah yang dapat mempengaruhi anak Anda, seperti misalnya perceraian, anggota keluarga yang meninggal, atau anggota keluarga yang pindah rumah. Beritahu informasi tersebut walaupun Anak tampak tidak bermasalah dengan hal itu. Guru sebaiknya waspada pada hal-hal tersebut. Masalah keluarga dapat mempengaruhi perubahan sikap Anak dan juga mempengaruhi perkembangan akademis mereka.

Kepribadian dan Perilaku

Mungkin anak Anda adalah seorang yang pemalu dan Anda khawatir dia tidak dapat berbaur dengan teman-temannya di sekolah. Atau mungkin anak Anda yang masih TK sering mengamuk di rumah dan Anda khawatir dia akan melakukan hal yang sama di sekolah. Guru perlu tahu tentang hal ini sebelum menjadi masalah di sekolah.

Kelebihan dan Kekurangan

Anak Anda mungkin sangat mahir dalam mata pelajaran matematika, tetapi malu untuk membaca buku secara keras. Atau mungkin Anak Anda sangat aktif dan mudah dalam menguasai permainan olahraga baru. Setiap Anak memiliki kelebihan dan kekurangannya. Jika Anda memberitahu pada guru mengenai hal ini, mereka akan memiliki persiapan untuk membantu Anak-anak Anda meningkatkan apa yang menjadi kekurangannya.

Gaya belajar

Gaya belajar setiap orang mungkin saja berbeda-beda. Sebagian orang mampu belajar hanya dengan mendengarkan saja. Sementara itu beberapa orang lainnya harus belajar dengan bereksperimen langsung dengan apa yang di pelajarinya. Beritahu hal ini pada guru agar mereka dapat mengatur strategi bagaimana mereka mengajar di kelas.

Kebiasaan belajar

Ada Anak yang belajar harus ditemani dengan musik, ada pula yang memiliki kebiasaan belajar istirahat setiap belajar 10 menit dan lain sebagainya. Beritahu guru tentang kebiasaan belajar anak-anak Anda dan masalah yang mereka hadapi dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Guru sering kali dapat memberikan saran yang membangun.

Kesukaan Anak 

Mengetahui lebih lanjut tentang hobi atau minat anak Anda dapat membantu guru membentuk koneksi di kelas. Biarkan guru tahu anak Anda suka dengan buku komik superhero tertentu ataupun putri Anda memiliki bakat melukis.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar