Teknik Mencatat yang Efektif di Sekolah

08-03-2015 | | 0 Komentar

membuat catatan efektif

Mencatat adalah kegiatan bagi seorang siswa yang sangat berguna baik pada masa sekolah maupun nanti pada saat berada di dunia kerja. Saat melakukan pertemuan (meeting), saat sesi brainstorming ataupun saat membuat tulisan dari suatu penjelasan tentu membutuhkan kemampuan mencatat yang baik. 

Di dunia pendidikan selain sangat berguna untuk mengingat-ingat konsep dalam suatu pelajaran, catatan berguna saat ujian. Biasanya ujian di sekolah tidak jauh berbeda dengan penjelasan dari seorang guru.

Membuat catatan memang sangat berguna, tetapi tidak semua catatan dapat menjadi berguna. Tidak jarang kita menemukan catatan yang bahkan membuat kita semakin tidak mengerti mengenai apa topik yang dimaksud. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara membuat catatan yang baik secara efektif? Berikut beberapa teknik mencatat yang efektif.

Penulisan dengan Format Dinamis

Catatan yang berisi hanya tulisan saja (format klasik) tentunya sangat membosankan. Dengan penulisan format dinamis tentu akan membuat sebuah catatan lebih menarik dan lebih mudah dimengerti. Cara penulisannya adalah dengan menuliskan kata-kata inti dari suatu topik ke dalam buku catatan. Kemudian tulisan digabungkan dengan menggunakan simbol-simbol notasi seperti panah, lingkaran atau kotak, diberi warna dengan stabilo dan juga pemetaan catatan (dibuat per bagian untuk setiap topiknya).

Pada metode menulis catatan secara klasik (mencatat hanya menggunakan tulisan saja), tentu tidak menarik secara visual. Dengan metode ini, catatan siswa akan lebih terorganisir. Penggunaan simbol dan warna akan membuat tulisan lebih mudah dibaca dan lebih menarik. Penggunaan warna juga berguna untuk menonjolkan kata-kata penting dalam suatu topik.

Kelebihan: Format terorganisir, sederhana

Kekurangan: Tidak mudah saat dibaca ulang

Memotong Menjadi 2 Kolom

Metode ini adalah untuk siswa yang suka dengan format yang terorganisir. Pada teknik ini, kertas dibagi menjadi 2 kolom, dimana kolom pertama (sisi kiri) adalah tulisan untuk menjelaskan struktur atau topik dari catatan sedangkan kolom kedua (sisi kanan) adalah tulisan untuk penjelasannya. Penjelasan pada sisi kanan cukup 1-3 deskripsi saja. Lihat gambarannya dibawah ini.

Gambaran Catatan Dalam Metode Ini

Topik #A


Topik #B

Penjelasan A

Penjelasan B

Penjelasan C

Penjelasan D

Dengan metode ini akan membuat mata lebih mudah dalam memisahkan suatu topik dalam pelajaran. Namun dengan menggunakan metode ini akan cenderung banyak ruang kosong yang tidak tertulis. Ketika siswa ingin melihat kembali ke catatan mereka untuk mempelajari ulang apa yang pernah mereka catat, mereka dapat dengan cepat mencari apa yang mereka butuhkan.

Kelebihan: Secara visual menarik, mudah untuk mengingat kembali pelajaran

Kekurangan: Tidak efisien dalam penggunaan ruang kertas

Mindmap

Mindmap adalah teknik yang sangat bermanfaat. Bagi mereka yang tidak suka untuk membuat banyak tulisan yang membutuhkan banyak halaman, mindmap adalah solusinya. Dengan teknik ini Anda tidak perlu membolak-balik halaman untuk menulis catatan.

Berbeda dengan dua teknik sebelumnya, metode ini akan membuat catatan cenderung lebih berantakan. Tetapi poin pentingnya adalah dengan metode ini memberikan pemahaman secara visual yang sangat baik. Dengan menghubungkan ide-ide dari beberapa kata dalam lingkaran tentu membuat metode mencatat ini sangat efektif. Saat membuatnya pun Anda tidak memerlukan waktu yang lama.

Biasanya ketika menggunakan metode ini, cara terbaik adalah menulis kata atau deskripsi inti dari sebuah topik di tengah halaman. Misalnya, jika topiknya adalah makanan, tulislah "makanan" di tengah halaman. Saat guru mulai berbicara tentang permen, sayuran, karbohidrat, atau jenis makanan lain, buatlah kata-kata tersebut dan hubungkan dengan sebuah garis. Anda dapat memberi sedikit penjelasan pada garis tersebut jika memang diperlukan.

Kelebihan: hubungan antar topik membuat topik semakin jelas

Kekurangan: berantakan


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar