Cara Memanfaatkan Pencarian Google Untuk Belajar

07-03-2015 | | 0 Komentar

tips mencari di google

Apa situs pertama kali yang Anda buka saat membuka internet? Sebagian besar orang akan menjawab Google. Google merupakan mesin pencari terbesar di dunia yang selalu digunakan oleh para netizen untuk mencari informasi, tidak terkecuali informasi pendidikan.

Saat seseorang ingin mencari sumber artikel, google adalah jawabannya. Saat mereka ingin mencari cara mengerjakan PR, google pula jawabannya. Bahkan tidak jarang ada guru yang menggunakan mesin pencari tersebut sebagai sumber pembelajarannya.

Namun dengan berlimpahnya sumber di internet, belum tentu pencarian yang dilakukan seseorang dapat langsung tepat pada sasaran. Seringkali mereka harus membuka halaman-halaman selanjutnya sampai mendapatkan jawaban yang mereka perlukan. Bahkan, terkadang mereka tidak menemukan jawaban yang mereka butuhkan. Apakah itu berarti informasi yang tersedia di internet kurang lengkap? Atau mungkin orang tersebut tidak tahu cara menggunakan mesin pencari dengan seefektif mungkin?

Google sebagai mesin pencari terbesar di dunia sebenarnya memiliki teknik untuk mencari yang lebih efektif. Dengan teknik-teknik yang disediakan oleh situs ini, dapat menyaring informasi-informasi yang tidak dibutuhkan sehingga kemungkinan kita untuk mendapatkan jawaban yang kita butuhkan akan meningkat. Pertanyaannya sekarang apa saja tekniknya?

Petik Dua (")

Anda dapat menggunakan tanda kutip duan untuk melakukan pencarian suatu kata atau kalimat yang benar-benar tepat. Hal ini berguna ketika Anda ingin mencari sesuatu seperti kutipan, lirik lagu atau teks yang benar-benar Anda ketahui. Contoh jika Anda ingin mencari isi dari Pancasila misalnya dan Anda hanya mengetahui sila pertama, Anda dapat melakukan pencarian dengan tanda kutip ini. Tulis seperti ini di mesin pencari "Ketuhanan Yang Maha Esa". Anda akan menemukan semua situs yang benar-benar memiliki konten kalimat tersebut secara tepat.

Tanda Minus (-)

Gunakan tanda ini untuk menyaring kata yang tidak ingin ditampilkan. Penggunaan tanda ini sangat berguna untuk pencarian yang memiliki banyak maksud. Anda dapat menyaring maksud yang tidak sesuai dengan maksud Anda.

Tanda Titik dua Kali (..)

Gunakan tanda ini untuk membantu Anda menemukan informasi di antara dua angka. Misalnya Anda ingin mencari informasi mengenai ujian nasional pada tahun 2010 - 2014. Anda dapat menulis di mesin pencari Ujian Nasional 2010..2014.

Kata Kunci Site:

Gunakan kata kunci ini jika Anda ingin mencari suatu informasi dari website yang Anda ketahui. Misalnya Anda tahu bahwa informasi yang Anda butuhkan ada di website wikipedia. Anda dapat menulis di mesin pencari site:wikipedia.org kata kunci. Maka mesin pencari akan menampilkan informasi sesuai kata kunci yang berada di wikipedia.org.

Gunakan Google Versi Negara Masing-masing

Jika Anda ingin mencari informasi dengan bahasa khusus negara tertentu, gunakanlah google versi negara tersebut. Indonesia misalnya menggunakan google.co.id atau google.kr untuk negara korea. Untuk informasi secara internasional, Anda dapat menggunakan situs google.com.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar