Ingin Belajar Bahasa, tapi Bingung yang Mana?

02-03-2015 | | 0 Komentar

belajar bahasa asing

Mau belajar bahasa asing, tapi belajar bahasa apa, belajar bahasa inggris atau belajar bahasa mandarin atau belajar bahasa korea ya? Percaya atau tidak, pertanyaan ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang. Ketika seseorang ingin mempelajari bahasa baru, tentu mereka harus menginvestasikan banyak waktu disana, tidak peduli seberapa pintar dan berbakat orang tersebut. Jadi wajar saja bagi seseorang harus berpikir dua kali sebelum fokus mempelajari bahasa tersebut.

Oleh karena itu, berikut adalah faktor-faktor yang harus di pertimbangkan saat ingin mempelajari bahasa baru.

Pilih yang Anda suka

Hal ini sangat penting. Pilihlah bahasa yang membuat Anda tertarik. Anda mungkin tertarik pada irama suatu bahasa, bagaimana cara berbicaranya, cara penulisannya atau bahkan mungkin Anda menyukai budaya dimana bahasa tersebut digunakan.

Sebagian orang mungkin tertarik dengan cara berbicara menggunakan bahasa Inggris yang terkesan elegan. Ada pula orang yang tertarik untuk belajar bahasa Jepang, Korea ataupun Mandarin karena budaya mereka yang menarik. Ada juga yang tertarik untuk belajar bahasa Jerman, Arab dan lainnya dengan tujuan untuk bisa melanjutkan pendidikannya disana.

Apapun alasannya, ini adalah faktor paling penting. Jika Anda tidak tertarik terhadap suatu bahasa, tentu saja Anda mungkin tidak akan termotivasi untuk dapat menguasai bahasa tersebut dengan baik. Sudah banyak terjadi kasus dimana seseorang dipaksa oleh orangtuanya untuk mempelajari bahasa yang tidak membuatnya tertarik dan hasilnya orang tersebut tidak dapat menguasai bahasa asing tersebut walaupun telah bertahun-tahun belajar.

Seberapa Luas Bahasa Tersebut Digunakan

Jika Anda berniat mempelajari bahasa asing berkaitan dengan alasan ekonomis atau karir, maka hal ini adalah faktor yang perlu dipertimbangkan. Memang dengan menguasai bahasa asing tentunya membuka peluang baru dalam urusan ekonomi. Sudah banyak orang yang sukses dengan menjual barang yang di belinya dari negara lain dengan bermodalkan bahasa negara tersebut. Adapula yang menjadi orang penting di perusahaan karena dapat berkomunikasi dengan klien dari negara lain.

Untuk itu, Anda haruslah mempertimbangkan terlebih dahulu seberapa banyak pengguna bahasa tersebut. Bahasa Indonesia yang merupakan bahasa ibu kita dan Inggris memang salah satu bahasa yang sering digunakan didunia tetapi tentu kita membutuhkan bahasa alternatif selain bahasa tersebut. Selain bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, Bahasa seperti Mandarin, Jepang dan Spanyol adalah salah satu bahasa yang sering digunakan di dunia. Jika Anda membutuhkan bahasa yang dapat digunakan dibanyak tempat cobalah belajar bahasa Mandarin atau Spanyol sebagai alternatif belajar bahasa inggris ataupun bahasa ibu kita Indonesia.

Kemudahan Mempelajarinya

Banyak faktor yang menentukan kemudahan mempelajari suatu bahasa. Salah satunya adalah banyak bahasa yang mirip dengan bahasa Ibu kita. Sebagai contoh, bahasa Inggris, Spanyol, Jerman dan Prancis memiliki banyak kesamaan dalam bahasa. Terdapat ribuan kata yang mirip. Disamping itu bahasa Mandarin dengan Jepang pun memiliki kemiripan.

Bagaimana dengan bahasa Indonesia? Bahasa Indonesia menggunakan alfabet A-Z dan banyak kata serapan dari bahasa Inggris. Mungkin akan lebih memudahkan orang Indonesia dalam belajar bahasa Inggris, Spanyol atau Jerman dibanding Mandarin atau Jepang. Namun, faktor ini tidaklah sepenting faktor yang pertama. Jika memang Anda tertarik dengan suatu bahasa, tidak peduli betapa sulit suatu bahasa, Anda pasti dapat mengatasi kesulitan tersebut.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar