Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler bagi Remaja

01-03-2015 | | 0 Komentar

kegiatan ekstrakurikuler

Ada banyak sekolah yang menyediakan sejumlah kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut dapat dilakukan sebelum masuk sekolah ataupun setelah masuk sekolah. Bahkans seringkali dilakukan saat akhir pekan. Beberapa orangtua mungkin khawatir saat Anaknya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karena menyita waktu yang cukup banyak.

Sebenarnya kegiatan ini membawa banyak manfaat. Biarkanlah seorang remaja untuk terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Akan banyak hal positif yang bisa didapat oleh seorang remaja disana yang mungkin tidak akan bisa didapat dari kegiatan dirumah ataupun kegiatan disekolah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kegiatan ekstrakurikuler untuk seorang remaja,

Belajar Manajemen Waktu dan Memprioritaskan Sesuatu

Salah satu manfaat bagi Anda mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bahwa Anda akan belajar tentang manajemen waktu dan memprioritaskan suatu hal dalam hidup Anda. Hal ini akan sangat berguna saat nanti Anda menginjak usia dewasa. Orang dewasa akan disibukkan dengan berbagai tugas yang berbeda-beda dan tentunya membutuhkan kemampuan manajemen waktu dan memprioritaskan yang baik. Di kegiatan ini, seorang remaja akanbelajar secara tidak langsung bagaimana membagi tugas ekstrakurikuler dengan tugas dari sekolah seperti mengerjakan PR.

Menemukan Minat dan Bakat

Dengan ikut terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler, memungkinkan seorang siswa untuk terlibat dalam berbagai hal. Misalnya saja seorang siswa mengikuti organisasi OSIS, tentu akan mengalami yang namanya rapat, berdebat, menentukan keputusan dan sebagainya. Dengan hal ini tentu akan membuat seorang remaja dapat mengeksplorasi lebih mana yang dia suka mana yang tidak suka. Tentu menemukan minat (passion) sejak muda adalah hal yang sangat baik.

Belajar Berkomitmen

Dalam kegiatan ekstrakurikuler  tentu adalah untuk jangka panjang. Mengikuti ekstrakurikuler sepakbola misalnya tidak serta merta bisa dilakukan dengan hanya mengikutinya sesekali. Harus ada komitmen dengan ikut berpartisipasi untuk jangka waktu yang tertentu. Belajar untuk berkomitmen akan sangat penting apalagi di dunia kerja. Perusahaan akan lebih suka dengan pekerja yang berkomitmen untuk jangka waktu yang panjang.

Berkontribusi

Kegiatan ekstrakurikuler memungkinkan seorang remaja untuk memberikan kontribusinya dalam kegiatan tersebut. Dengan berkontribusi, tentu akan membuang jauh pemikiran hanya untuk diri sendiri (egoisme). Hal ini sangat penting dalam pertumbuhan kepribadian seseorang.

Banyak Teman Baru

Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, Anda akan masuk ke dalam lingkaran sosial yang baru. Didalam kegiatan tersebutAnda akan mendapatkan banyak teman baru. Tentunya dengan mengikuti kegiatan yang sama bersama teman-teman baru akan dibutuhkan kemampuan berkomunikasi dan keterampilan dalam membina hubungan baik disana. Kamu akan mempelajari kemampuan-kemampuan tersebut secara tidak langsung dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler

Sangat Berguna di Perguruan Tinggi

Jika Anda mendaftarkan diri di perguruan tinggi, dengan banyaknya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler akan menjadi poin tambah bagi Anda. Apalagi jika Anda mencoba untuk mendaftar untuk mendapatkan beasiswa. Ektrakurikuler menjadi poin yang cukup diperhatikan oleh panitia.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar