Cara Meningkatkan Disiplin Kelas Anda

28-02-2015 | | 0 Komentar

disiplin sekolah

Apakah kelas Anda sering tidak mendengarkan penjelasan Anda? Atau sering ada murid yang telat masuk ke kelas Anda? Mungkin itu terjadi karena disiplin kelas Anda kurang. Kedisiplinan adalah hal yang sangat penting dalam pendidikan. Dengan kedisiplinan, tentu murid akan lebih mudah diajak untuk bekerja sama dalam hal kegiatan belajar mengajar. Berikut tips cara untuk meningkatkan disiplin kelas Anda.

Buat Peraturan yang Masuk Akal

Disiplin sekolah akan selalu berkaitan dengan peraturan. Pastikan bahwa peraturan yang Anda masuk akal dan tidak perlu terlalu banyak. Jika Anda membuat peraturan yang tidak masuk akal ataupun terlalu banyak tentu murid akan merasa tertekan kebebasannya. Ingat tujuan Anda adalah membuat peraturan yang harus ditaati bersama. Jika Anda juga melakukan kesalahan dari peraturan yang Anda buat, Anda juga perlu menerima hukuman yang sama. Ingat di sekolah Anda adalah bagian dari kelas, jadi jika ingin disiplik kelas Anda tinggi, Anda harus bersikap adil.

Selalu Diskusikan Hal yang Bisa di Diskusikan dengan Murid

Dalam suatu situasi tertentu, anak-anak muda cenderung bereaksi negatif terhadap suatu otoritas yang dipaksakan. Mereka tidak mau diperintah untuk melakukan apapun. Akan lebih efektif jika setiap hal yang bisa didiskusikan, didiskusikan terlebih dahulu. Dengarkan harapan mereka dan cobalah berkompromi. Contoh saja Anda berniat untuk memberikan mereka tugas akhir. Anda dapat berkompromi dengan mereka mengenai jatuh temponya. Hal ini akan lebih baik daripada Anda sendiri yang menentukan karena akan berdampak pada disiplin kelas seperti akan ada alasan-alasan penolakan seperti jatuh tempo yang terlalu mepet dan sebagainya.

Mungkin ada pemikiran bagi para guru bahwa "Saya adalah guru, dan saya harus memberi tahu apa yang mereka lebih baik lakukan. Saya lebih tahu apa yang terbaik untuk mereka". Pemikiran seperti ini dapat membuat hubungan guru-murid menjadi bermasalah. Tentunya dengan memerintah tidak akan efektif untuk membuat kelas Anda disiplin karena murid-murid Anda akan melaksanakannya dengan rasa terpaksa. Perlu diingat mereka adalah warga negara di negara demokratis dan tentunya sebagai guru kita pun harus menunjukkan cara hidup di negara demokratis. 

Anda Adalah Guru bukan Sahabat

Murid tidak memerlukan guru mereka menjadi sahabat. Mereka lebih membutuhkan seorang role model, dan teman yang sangat aktif yang dapat mendengarkan segala kesulitan mereka. Tetaplah ramah tapi jangan lepaskan peran sebagai guru.

Tidak Perlu Berceramah

Siswa-siswa Anda benci diceramahi dan seorang guru biasanya akan menceramahi murid-muridnya ketika suatu hal terjadi seperti murid melakukan kesalahan. Percayalah hal ini tidak akan efektif. Dengan menceramahi Anak kemungkinan besar mereka tidak akan mendengarkannya. Ketika mereka berbuat salah akan lebih baik Anda memastikan mereka tahu kesalahan mereka dan konsekuensinya tanpa menceramahinya.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar