Beasiswa LPDP 2015 Telah Dibuka

31-01-2015 | | 0 Komentar
beasiswa lpdp 2015


Beasiswa LPDP 2015 adalah program beasiswa tahunan yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia dan dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk membiayai beasiswa program Magister ataupun Doktor di dalam maupun luar negeri. Tahun ini LPDP membuka 3100 beasiswa untuk masyarakat Indonesia yang ingin mendapatkan beasiswa S2 dan beasiswa S3 di dalam ataupun luar negeri.

Direktur Utama LPDP Eko Prasetyo mengatakan, 3.100 beasiswa itu nantinya akan dibagi lagi ke dalam kategori beasiswa umum, presiden, dan afirmasi. Beasiswa umum akan diberikan kepada 2.400 pelamar, sedangkan beasiswa presiden kepada 100 pelamar, dan 600 sisanya diperuntukkan bagi beasiswa afirmasi.

"Beasiswa tersebut dapat digunakan untuk studi di 200 perguruan tinggi terbaik luar negeri dan 100 perguruan tinggi dalam negeri berakreditasi A, sedangkan 80 persennya digunakan untuk program magister, dan sisanya untuk program doktoral," ujar Eko di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Melalui program LPDP ini, Eko berharap dapat menghasilkan pemimpin yang dapat mengelola berbagai sektor di Indonesia. Eko mempunyai target 60 ribu lulusan dari beasiswa LPDP pada tahun 2030 nanti akan dapat menggunakan keterampilan mereka mengelola sektor-sektor di Indonesia

Bagaimana Cara Berpartisipasi?

Beasiswa LPDP 2015 akan dibuka empat gelombang pada Februari, Mei, Agustus, dan November. Untuk mendaftar atau ikut berpartisipasi beasiswa LPDP, calon penerima beasiswa dapat mendaftarkan dirinya lewat website LPDP http://www.lpdp.depkeu.go.id/ atau http://www.beasiswalpdp.org/.

Para pelamar nantinya akan menjalani dua tahap seleksi, seleksi yang pertama adalah seleksi administrasi dan yang kedua adalah wawancara. Pada proses administrasi, pelamar harus membawa dokumen penting sebagai syarat mendaftar seperti:

  • Ijazah sarjana atau magister dari kampus pelamar,
  • Transkrip nilai dengan IPK minimum untuk pelamar beasiswa adalah S2 3,00 dan untuk pelamar beasiswa S3 yaitu 3,25,
  • Sertifikat TOEFL minimum 550 atau IELTS minimum 6.5,
  • Lampiran organisasi yang pernah diikuti,
  • Surat keterangan sehat,
  • Melampirkan letter of acceptance dari kampus pilihannya akan di prioritaskan.

Cepat daftar dan jangan lupa belajar yang rajin agar dapat lulus seleksi.


(dikutip dari berbagai sumber)


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar