Arti Sebenarnya Menjadi Seorang Guru

21-02-2015 | | 0 Komentar

guru hebat

Gaji yang Anda terima dari mengajar mungkin sangat kecil dan mungkin kurang untuk memenuhi kebutuhan. Tetapi bagaimanapun juga Anda telah membuat perubahan pada dunia khususnya kehidupan siswa Anda. Untuk menjadi guru yang sebenarnya bukanlah jenis pekerjaan seperti halnya dapat di raih dengan cara biasa (melamar pekerjaan). Mengajar adalah bakat, kemampuan dan tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menjadi seorang guru yang sebenarnya.

Siapapun bisa menghabiskan 4 tahun di perguruan tinggi dan melamar menjadi guru. Tetapi tidak semua orang bisa menjari guru yang luar biasa, menjadi teladan, dan menjadi mentor yang baik untuk siswanya. Berikut adalah arti sebenarnya menjadi seorang guru. Apakah Anda salah satunya?

1. Role Model

Siswa di dalam kelas akan selalu melihat kepada guru mereka. Guru yang sebenarnya akan cenderung memberi inspirasi pada siswanya dan akan ditiru oleh murid-muridnya. Seorang guru seharusnya dapat menunjukkan apa yang diajarkannya. Dan juga menunjukkan antusiasme terhadap topik yang diajarkannya jika ingin siswanya melakukan hal yang sama. Jika seorang guru mengajarkan untuk tidak membuang sampah sembarangan, ya jangan lah kamu membuang sampah sembarangan.

2. Pribadi yang Positif:

Menjadi guru haruslah bersikap dan berfikir positif. Tidaklah selalu mudah untuk menjadi positif bahkan akan lebih sulit saat pekerjaan Anda adalah guru. Bagaimana saat Anak didik Anda selalu bermasalah, saat Anda tidak bisa membuat anak didik anda mengerti tentang materi yang diajarkan atau saat mereka gagal. Dorong anak murid Anda untuk berjuang. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya.

Seorang guru pun harus meningalkan masalah negatif pribadi ataupun keluarganya. Dengan bersikap positif tentu murid pun akan bersikap positif. Tidak ada kan orang yang ingin berada disekitar orang-orang yang selalu berpikir negatif?

3. Bersemangat

Pernah mendengar saat upacara sekolah misalnya ketika ada seseorang yang batuk kemudian diikuti dengan batuk lainnya. Atau ketika kita berkumpul bersama teman dan teman kita tertawa kita tanpa sengaja akan tersenyum walaupun tidak mengetahui dimana letak lucunya. Semangat pun seperti itu. Sifat semangat itu menular. Jika guru tidak antusias dengan materi yang dia ajarkan, jangan harap siswa berniat untuk menerima dengan baik apa yang diajarkan kepadanya.

4. Storyteller

Menjadi guru berarti harus menjadi pendongeng yang baik. Orang sangat suka mendengarkan kisah-kisah nyata dan hal tersebut membuat kelas menarik dan menyenangkan. Guru yang baik cenderung menceritakan kisah-kisah pribadi yang nyata terkait dengan konsep dari materi yang diajarkan.

5. Pembangun Relasi yang Baik

Ya, menjadi guru bukan hanya sekedar memberikan bahan/materi saja. Dengan menjadi guru artinya kamu harus berelasi dengan murid-murid Anda.  Guru yang sukses adalah guru yang mampu membangun jembatan antara guru dan murid. Guru yang sukses adalah guru yang dipercaya oleh murid-muridnya. Murid sangat menikmati kelas-kelas mereka. Tidak ada yang mengeluh jika guru seperti itu memberikan pekerjaan rumah. Dengan membangun relasi yang baik antara guru-murid akan tercipta suasana/lingkungan yang baik untuk belajar.


Pada akhirnya, pekerjaan guru adalah pekerjaan yang menantang. Menjadi guru haruslah memiliki kualifikasi dan motivasi tertentu agar dapat menjadi panutan dan mentor yang ideal bagi siswa dan siswinya. Mudah-mudahan artikel ini dapat berguna bagi para guru di Indonesia.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar