Tips Cepat Lulus Kuliah

21-02-2015 | | 0 Komentar

gambar kelulusan

Di kehidupan kuliah, seorang mahasiswa tentu akan di kejar dengan waktu. Angka 4 tahun adalah batas standar suatu mahasiswa pada umumnya dalam menyelesaikan studi. Jika bisa lebih cepat dari 4 tahun tentunya akan mejadi poin tambah untuk nantinya setelah lulus. Dan jika lebih lama dari angka tersebut akan menjadi masalah bagi kamu di dunia kerja nantinya. Tentu untuk bisa lulus dengan cepat tidak hanya sekedar mati-matian dalam belajar, tetapi masih banyak hal yang perlu diperhatikan.

Berikut tips cepat lulus kuliah untuk Anda agar sukses menjadi mahasiswa.

1. Jangan takut untuk bertanya.

Tidak seperti di dunia sekolah 12 tahun, dunia kampus ini, kamu akan bertemu dengan dosen yang merupakan profesor, mentor bahkan pengusaha-pengusaha yang bersifat praktis. Disini jangan malu untuk bertanya. Terkadang kamu akan mendapatkan jawaban yang bahkan tidak ada di buku ataupun internet. 

Jika kamu ada masukan, saran dan alternatif jawaban jangan ragu untuk mengemukakannya. Selain hal tersebut dapat melatih keberanian kamu dalam berpendapat, tentu dosen akan menjadi lebih mengingat kamu. Tentu saja dunia kuliah terkadang bersifat subjektif dan jika dosen suka dengan kamu, nilai lebih mungkin bisa kamu dapatkan berkat keaktifan kamu di kelas.

2. Sukses dimulai dengan menghormati diri mereka sendiri.

Hal ini artinya, kamu harus bisa merawat diri secara fisik, emosional dan sosial. Tentu kamu harus tetap sehat selama dunia kuliah. Bayangkan jika kamu sakit ketika masa ujian. Tentu akan berefek pada nilai kamu dan jika lebih buruk kamu mungkin bisa membuat waktu kuliah kamu menjadi lebih panjang.

3. Bersainglah dengan Elegan

Jika di dunia sekolah, kamu berkompetisi untuk mendapatkan ranking 1, di dunia kuliah kamu tidak perlu seperti itu. Justru lebih baik disini jika kamu bekerja sama dengan mahasiswa sekelas kamu. Dengan belajar bersama atau mengerjakan tugas bersama misalnya. Kamu boleh bersaing untuk nilai misalnya tetapi gunakan persaingan itu untuk membuat kalian menjadi lebih baik, bukan saling menjatuhkan. Untuk bisa mendapatkan nilai bagus dan lulus kuliah dengan cepat bersama semua mahasiswa di kelas tentu akan lebih menyenangkan bukan?

4. Tetapkan Target

Jika kamu naik ke sebuah taksi. Jika kamu tahu kemana kamu harus pergi, tentu akan lebih cepat sampai ketujuan dan biaya lebih sedikit dibanding kamu tidak tahu kemana kamu harus pergi. Begitu juga dengan kehidupan dunia kuliah. Kamu harus tetapkan terlebih dahulu tujuan kamu. Bahkan ketika kamu masih semester 1. Tentukan berapa lama kamu harus lulus, kemampuan apa yang harus kamu punya setelah menyelesaikan tiap semesternya, apa topik skripsi kamu, kapan harus mencari materi skripsi, kapan mulai mengerjakan skripsi dan sebagainya. Dengan target dan rencana yang tepat, tentu akan memudahkan kamu dalam menjalani kuliah dan mimpi untuk cepat lulus kuliah tentu dapat menjadi kenyataan.

5. Jangan lupa Mencatat

Di dunia kuliah, soal-soal ujian adalah buatan dari dosen-dosen yang mengajar mata kuliah itu sendiri. Jangan lupa kamu catat apa hal yang penting dan apa yang sering ditegaskan oleh dosen kamu. Sangat sering soal ujian keluar dari hal-hal tersebut. Atau jika tiap pelajaran harus dicatat dan terlalu merepotkan, ikuti tips ke 3, kolaborasi dengan teman-teman kamu. Bagi tugas siapa yang harus mencatat di mata kuliah tertentu. Tentu dengan nilai ujian yang bagus akan bisa membuat kamu lebih cepat lulus kuliah.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar