Gunakan Ruang Kelas dengan Maksimal Dalam Kegiatan Belajar Mengajar

20-02-2015 | | 0 Komentar

gambar ruang kelas

Kelas adalah tempat dimana seorang murid dan guru bertukar ilmu. Selama ini cara pemebelajaran di dalam kelas sangatlah standar dimana murid duduk dan guru menjelaskan menggunakan papan tulis atau slide. Namun sebenarnya kelas menyimpan banyak barang yang bisa digunakan daripada hanya menggunakan tempat duduk dan papan tulis.

Sebenarnya ruang kelas bisa digunakan lebih dari itu. Jika kita kreatif tentu ruang kelas dapat dimanfaatkan untuk membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menarik. Adakah guru yang memanfaatkan dinding kelas atau penggunaan lantai dalam kegiatan belajar mengajar? Nampaknya cara konservatif murid mendengarkan dan guru menjelaskan masih yang populer. Tentunya dengan penataan ruang kelas dan desain ruang kelas yang tepat dapat membuat kelas menjadi lebih digemari para murid.

Berikut beberapa cara Anda dapat memanfaatkan berbagai sumber di ruang kelas Anda untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan.

Manfaatkan dinding kelas dengan sebaik-baiknya.

Dinding kelas biasanya tidak pernah digunakan dengan alasan takut kotor. Sebenarnya banyak hal bisa dilakukan memanfaatkan benda yang satu ini. Jika takut kotor, gunakanlah wallpaper atau semacamnya untuk menjaga tembok dari kotoran. Gunakanlah dinding belakang seefektif mungkin. Dinding bagian belakang sangat jarang dilihat oleh murid. Anda dapat menempatkan potongan soal atau kuis misalnya disana. Anda juga bisa menempatkan hasil karya murid di dinding bagian samping atau belakang. Jangan lupa pasang berbagai kalimat-kalimat motivasi.

Memang untuk memanfaatkan dinding ini diperlukan kemampuan desain ruang kelas yang baik agar dinding tidak terlihat berantakan. Tapi jika Anda dapat memanfaatkannya dengan baik, kelas akan menjadi tempat yang menarik dan lebih disukai oleh para murid.

Manfaatkan Ruangan Kosong

Suatu kelas tentu memiliki banyak ruang kosong. misalnya saja dibagian depan kelas banyak ruang kosong di bagian lantai. Atau biasanya dibagian belakang kelas atau ditengah-tengah tempat duduk biasanya terdapat ruang kosong. Kita dapat manfaatkan ruang tersebut dengan melakukan penataan ruang kelas di bagian yang kosong tersebut. Misalnya dengan menempatkan objek-objek yang berhubungan dengan pembelajaran. Kita bisa menempatkan miniatur piramida saat mempelajari tentang negara mesir. Ataupun manfaatkan langit-langit untuk menempatkan miniatur planet dan matahari sebagai visualisasi alam semesta.

Ciptakan Suasana Kelas yang Baik dengan Teknologi

Proyektor tidak hanya dapat digunakan untuk menjelaskan slide. Tetapi dapat digunakan untuk membentuk suasana kelas menjadi lebih menarik. Misalnya saja saat proyektor tidak digunakan, Anda dapat menggunakannya dengan memainkan cahaya tersebut untuk membuat latar belakang pantai atau semacamnya. Gunakan juga suara atau musik untuk membuat suasana tertentu di kelas, misalnya memanfaatkan musik yang menenangkan agar murid tidak terlalu tegang.

Atur Posisi Tiap Benda

Apakah tempat duduk harus selalu di buat membentuk kotak atau persegi panjang? Tentu kita dapat mengatur tempat duduk menjadi lebih menarik. Misalnya membuat lingkaran, setengah lingkaran ataupun dengan menggabungkan beberapa meja dan tempat duduk dapat membuat kegiatan belajar mengajar menjadi tidak terlalu membosankan.

Manfaatkan Pintu Masuk

Pintu masuk kelas dapat di desain menjadi lebih menarik. Desain ruang kelas pada pintu masuk tentu akan membuat identitas bagi sebuah ruang kelas. Misalkan untuk kelas IPA, pintu masuk dapat di desain dengan tema sains dengan menempatkan berbagai rumus. Dengan hal seperti itu diharapkan para murid akan menjadi bangga dan tertarik untuk dapat belajar di ruang tersebut.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar