Pengumuman! Ujian Nasional Tidak Lagi Menjadi Faktor Kelulusan

18-02-2015 | | 0 Komentar

gambar ujian

KEMDIKBUD (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) telah mengumumkan bahwa Ujian Nasional tidak lagi menjadi penentu kelulusan seorang siswa. Mulai tahun 2015, UN hanya menjadi salah satu faktro penenty kelulusan. Tentunya bagi sebagian besar pelajar hal ini adalah kabar gembira. Setiap tahunnya UN selalu menjadi topik yang kontroversial. Disaat-saat menjelang periode ujian nasional akan selalu ada yang menolak untuk menjadikan UN faktor penentu kelulusan dan ada pula yang tetap mendukung.

Bagi sebagian besar orang berpikir bahwa tidak baik jika kelulusan seseorang di tentukan hanya dalam beberapa hari. Sementara yang namanya sekolah adalah proses yang terjadi selama beberapa tahun. Dan seharusnya yang paling mengetahui bagaimana seorang anak berkembang adalah pihak sekolah. Namun ada juga pemikiran jika memang seorang siswa telah belajar dengan sungguh-sungguh tentunya UN bukanlah sebagai halangan dan tidak mempermasalahkan jika UN menjadi faktor penentu kelulusan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, berkata "Sekolah dan guru mengemban tugas untuk mengarahkan potensi siswa secara lebih baik. Sekolah menentukan kelulusan berdasarkan keseluruhan mata pelajaran termasuk karakter. Dengan demikian UN tidak menjadi tolak ukur penentuan kelulusan siswa.".

Melalui pernyataan resmi oleh KEMDIKBUD terkait Ujian Nasional ini, pro kontra ujian nasional ini tentunya berakhir. Hal ini ditanggapi positif oleh banyak masyarakat. Tentunya banyak siswa-siswi yang merasa lebih rileks dalam menghadapi ujian nasional kali ini. Apalagi jadwal ujian nasional 2015 sudah semakin dekat, yakni akan dilaksanakan pada tanggal 13-15 April 2015 nanti (untuk SMA dan sederajat) dan 4-6 Mei 2015 (untuk SMP dan sederajat)

Apa penentu keputusan seorang siswa sekarang?

Lulus atau tidaknya seorang siswa sekarang berada di tangan sekolah. Tiap sekolah dapat menentukan parameter kelulusan siswanya apakah itu menggunakan nilai ujian akhir sekolah, nilai ujian nasional dan lain sebagainya. Jika sekolah telah menyatakan seorang siswa lulus, maka para siswa berhak mendapatkan sertifikat kelulusan dari pemerintah.

Untuk Apa Ujian Nasional masih Digelar?

Setelah diumumkan bahwa Ujian Nasional tidak lagi menjadi faktor penentu, UN hanya menjadi salah satu faktor penentu kelulusan yang ditentukan oleh sekolah. Selain itu, Nilai ujian nasional nantinya akan menjadi faktor penentu kualitas dan mutu pendidikan di suatu sekolah. Menurut menteri kita, UN sebaiknya digunakan untuk mengembangkan potensi para siswa dan menjadi bagian dari proses belajar mengajar.

Bagaimanapun kita tetap harus selalu mendukung segala kebijakan pemerintah untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Kita tunggu saja apakah kebijakan yang populer bagi siswa siswi di Indonesia ini akan berjalan baik pada bulan April 2015 nanti.


(Dikutip dari berbagai sumber)


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar