Keuntungan Menggunakan Buku Elektronik Sekolah menggunakan Tablet

17-02-2015 | | 0 Komentar

belajar lewat buku sekolah elektronik

Buku-buku sekolah saat ini masih tetap yang paling populer bagi para pelajar di Indonesia. Tapi beberapa sekolah (internasional misalnya) sudah mulai berpindah menggunakan buku sekolah elektronik yang ada di dalam sebuah tablet. Pemerintah pun sudah mulai mendukung penggunaan ini dengan memberikan materi-materi melalui buku sekolah elektronik tersebut.

Saat ini, jika kita melihat di mall-mall, anak-anak jaman sekarang sudah sangat fasih dalam menggunakan tablet seperti iPad atau tab, walaupun tablet tersebut digunakan hanya untuk bermain game. Namun apakah penggunaan tablet di sekolah adalah hal yang tepat? Disamping kegunaannya untuk hiburan, tablet banyak memiliki keunggulan jika dipakai didalam kelas. 

1. Meningkatkan  Komunikasi Guru, Orangtua dan Murid

Dengan teknologi, sangat memungkinkan terjadinya interaksi antara guru, orangtua dan murid melalui sebuah tablet. Dengan aplikasi tertentu, orang tua bisa memantau dimana anaknya berada apa yang sedang dilakukan anaknya. Hal ini adalah salah satu kendala bagi pendidikan di Indonesia yang masih konvensional. Orang tua sangat kesulitan untuk mengetahui apa yang anak lakukan.

2. Sebagai Alat untuk Menjadwalkan Pendidikan

Dengan menggunakan tablet seperti iPad, kita dapat membuat jadwal sekolah, PR, ujian dan lain sebagainya. Bahkan ada aplikasi khusus untuk pendidikan seperti misalnya Study Habits yang tentunya memang sudah difokuskan untuk penjadwalan di bidang pendidikan. Jadi tidak ada lagi alaan lupa membuat PR.

3. Tidak Perlu Lagi Bawa Banyak Buku

Jika melihat para siswa-siswi yang masih menggunakan buku sekolah sebagai materi utama, sangat kasihan rasanya. Bayangkan berapa kilogram beban yang harus dibawa oleh siswa-siswi tersebut. Apalagi jika para pelajar tersebut harus bersekolah di sekolah yang berjarak cukup jauh dan hanya bisa di tempuh dengan berjalan kaki.

Dengan buku sekolah elektronik di dalam tablet, tidak perlu lagi membawa banyak buku. Cukup membawa satu tablet, semua materi buku ada didalamnya

4. Melatih Kreatifitas Murid

Dalam sebuah tablet, tentunya telah mendukung fungsi teks, internet, musik, kamera dan video. Dengan adanya fitur-fitur ini, aktifitas belajar mengajar dapat menjadi lebih interaktif. Misalnya saja siswa-siswi sekarang sudah dapat di ajar melakukan presentasi sejak dini. Mereka dapat membuat bahan presentasi dengan menggabungkan teks, gambar dan video.

Bisa juga teknologi ini digunakan saat pelajaran olahraga ataupun saat praktikum. Siswa-siswi dapat melihat video cara melakukan suatu olahraga ataupun praktikum secara langsung. Bandingkan dengan menggunakan buku pelajaran konvensional yang mungkin hanya tulisan dan gambar. Tentunya video dan suara akan membuat suatu pelajaran lebih mudah dimengerti.


Memang banyak kelebihan menggunakan buku sekolah elektronik di dalam tablet dibanding mengugnakan buku konvensional. Tetapi tetap perlu pengawasan agar penggunaan teknologi ini tidak digunakan dengan hal yang salah. Jika di luar negeri penggunaan teknologi ini sudah sangat umum, kapan Indonesia siap untuk berpindah ke teknologi buku sekolah elektronik?




Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar