Beasiswa Fulbright AMINEF 2015-2016

15-02-2015 | | 0 Komentar

AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation) adalah yayasan non profit yang menyelenggarakan program Beasiswa Fulbright di Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3 di Amerika. Jika Anda adalah seorang yang sedang mencari beasiswa, tentu pernah mendengar nama program fulbright ini. Memang ada beberapa jenis program fulbright, ada fulbright DIKTI, fulbright master degree dan lain sebagainya. Program beasiswa ini memang sangat difavoritkan oleh orang Indonesia. Melalui program ini, kita bisa mendapatkan beasiswa secara penuh dari pemerintah Amerika Serikat. Tahun lalu program ini telah sukses mengirim lebih dari seratus pelajar melalui program ini.

Tahun ini, program beasiswa fulbright ini telah dibuka kembali. Program fulbright yang dibuka adalah

  • Fulbright Master's Degree Program (Program Master/Magister)
  • Fulbright Ph.D. Degree Program (Program Doktoral)
  • Fulbright Indonesia Research Science and Technology (FIRST) Program (Master's Degree) 
  • Fulbright Doctoral Dissertation Program
  • DIKTI - Fulbright Master's Degree Program
  • DIKTI - Fulbright PhD Program
  • DIKTI - Fulbright Doctoral Dissertation Program

Pada intinya program dibuka untuk pelajar yang ingin meraih gelar magister/master dan Ph.D. atau doktor di Amerika. Kali ini AMINEF menargetkan dapat mengirim sekitar 200 pelajar untuk dapat melanjutkan studi di Amerika. Beasiswa ini terbuka untuk umum, tetapi mereka yang memiliki latar belakang di bidang pendidikan seperti pernah menjadi dosen atau staf di universitas biasanya lebih diutamakan.

Bagaimana Cara Mendaftar Fulbright 2015/2016

Untuk bisa mendaftar beasiswa yang terkenal sulit ini, yang harus dipersiapkan adalah sertifikat bahasa inggris seperti TOEFL dan IELTS. Program ini mensyaratkan minimal TOEFL 550 (IPT), TOEFL 79 (IBT) atau IELTS 6.0. Untuk program Master, beasiswa fulbright ini mewajibkan nilai IPK sarjana minimal 3.0 (dari indeks 4.0). Sementara itu untuk program doktoral / Ph.D. program ini mensyaratkan IPK program Master minimal 3.0 (dari 4.0). Hal terakhir yang dibutuhkan adalah Anda harus membuat essay dalam bahasa Inggris yang menjelaskan mengapa Anda berhak menerima beasiswa fulbright ini.

Selanjutnya jika telah memenuhi persyaratan, Anda harus mengirim lengkap dokumen-dokumen penting seperti KTP dan Paspor, fotokopi sertifikat bahasa Inggris, surat referensi dari dosen serta supervisor tempat Anda bekerja, transkrip nilai dalam bahasa Inggris dan tentu saja formulir aplikasi ke beasiswa fulbright. Formulir aplikasi bisa kamu dapatkan di website resmi AMINEF disini.

Jangan lupa kirim semua dokumen sebelum tanggal 15 April 2015 karena deadline pendaftaran program tersebut berakhir pada 15 April 2015. Untuk informasi lebih lanjut, Ana bisa mengirim email ke infofulbright_ind@aminef.or.id atau kunjungi aminef.or.id.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar