Tips Cara Berkonsentrasi untuk Belajar yang Efektif

13-02-2015 | | 0 Komentar

cara berkonsentrasi

Konsentrasi adalah salah satu hal yang paling penting dalam kesuksesan seseorang saat sedang belajar. Dengan cara berkonsentrasi yang baik, Kamu akan dapat mempelajari suatu pelajaran secara maksimal dalam waktu yang minimal. Kamu akan dapat belajar, memahami dan mengingat lebih baik dengan tingkat konsentrasi yang tepat. Namun, banyak siswa-siswi yang mengalami kesulitan berkonsentrasi dalam waktu yang lama. Beberapa dari mereka bahkan memiliki kesulitan untuk berkonsentrasi hanya selama 10 menit. Jika Kamu menghadapi masalah tidak bisa fokus saat belajar, baca tips cara berkonsentrasi untuk belajar yang lebih efektif berikut.

1. Kerjakan satu tugas dalam satu waktu

Multitasking tidak bisa digunakan untuk mencapai konsentrasi penuh. Untuk memukul paku dengan palu akan lebih baik fokus memukul satu per satu paku. Ketika Kamu sedang belajar, pastikan bahwa pikiran difokuskan hanya untuk belajar, tidak ada yang lain. Materinya pun harus sama. Jangan melompat-lompat dari satu materi ke materi lain karena hal tersebut dapat membuat otak menjadi stres dan akhirnya Kamu tidak belajar apa-apa. 

2. Beristirahat dengan tepat

Fakta membuktikan bahwa manusia normal dapat berkonsentrasi secara penuh hanya untuk periode tertentu saja. Beristirahat secara teratur sangatlah penting karena dengan istirahat, tingkat konsentrasi akan kembali meningkat. Namun, perlu diingat, jangan terlalu lama beristirahat. Idealnya, setelah belajar selama 30 menit, harus diikuti dengan 10 menit istirahat. Jika lebih dari 10 menit maka otak manusia akan kehilangan fokus dan hal tersebut tidak baik saat belajar. Cara paling baik untuk menggunakan 10 menit tersebut adalah dengan memejamkan mata dan mengambil napas dalam-dalam. Jangan melakukan kegiatan yang intensif selama waktu istirahat.

3. Dilarang Menunda

Meskipun godaannya sabngat berat, jangan menunda. Jika harus menyelesaikan suatu soal, kerjakan saat itu juga. Jika ada alasan seperti sudah lelah dari les atau bimbingan belajar, coba atur kembali waktu agar dapat menggunakan suatu waktu untuk berkonsentrasi penuh. Terlalu sering menunda akan melatih otak kita untuk mencari alasan dalam melakukan sesuatu. Ini adalah lingkaran setan. Otak akan cenderung tidak memotivasi untuk maju jika kita terbiasa menunda. Jika subjek membosankan, coba lah selesaikan yang paling mudah terlebih dahulu baru ke yang paling rumit.

4. Jadilah Kreatif dalam Belajar

Sebagian besar masalah hilangnya konsentrasi berasal dari kebosanan. Jika Kamu bosan untuk belajar, cobalah ganti mata pelajaran. Jika Anda sedang malas untuk belajar secara teori, cobalah belajar dengan praktek. Jika Anda tidak berada dalam suasana hati untuk membaca, cobalah untuk belajar secara Online. Banyak situs yang memberikan bahan pembelajaran secara online. Bahkan banyak tips dan trik di sana yang tidak dijelaskan di buku.

5. Meditasi/Yoga

Beberapa pose meditasi atau yoga tradisional dikenal sangat efektif dalam membantu konsentrasi. Hal ini dapat menenangkan pernapasan Kamu dan membantu Kamu untuk lebih berkonsentrasi. Memilih gaya yang terbaik bagi Anda untuk membantu dalam studi Anda. Coba lah belajar beberapa gerakan yoga.

Cara berkonsentrasi sangat penting untuk belajar yang mudah dan efektif. Selain itu, dengan konsentrasi dapat berefek luas pada berbagai aspek kehidupan sehari-hari. 

Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar