Plus Minus Sekolah atau Kuliah di Luar Negeri

13-02-2015 | | 0 Komentar

kuliah di luar negeri

Banyak orang bercita-cita untuk bisa kuliah di luar negeri atau sekolah di luar negeri. Baik mereka yang masih berstatus siswa/mahasiswa ataupun yang sudah bekerja, banyak orang ingin mengambil kesempatan untuk belajar di luar negeri jika mereka mendapatkan kesempatan tersebut.

Belajar di luar negeri memang sangat menarik. Pelajar internasional ini akan mendapatkan banyak manfaat ketika mereka memutuskan untuk sekolah atau kuliah di luar negeri. Namun, belajar di luar negeri juga memiliki kekurangannya.

Jika Kamu berpikir dan merencanakan untuk belajar di luar negeri, Kamu harus mempertimbangkan plus dan minusnya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk belajar di luar negeri. Berikut  adalah beberapa keuntungan dan kerugian dari belajar di luar negeri yang harus Kamu ketahui:

Keuntungan Sekolah atau Kuliah di Luar Negeri

  • Belajar di negeri orang itu bagaikan suatu petualangan yang menarik. Ya ini adalah salah satu daya tarik dari bersekolah di luar negeri. Kita bisa tinggal di luar negeri dan menjelajahi tempat baru, mengunjungi tempat wisata yang menarik, mempelajari budaya setempatnya hingga mencoba makanan khas setempat yang tidak bisa kita temukan di negara asal. Belum lagi dengan beberapa fasilitas dari negara tertentu, misalnya jika kita berkuliah di eropa, kita akan mendapatkan visa eropa yang artinya kita bisa berkeliling di negara-negara eropa.
  • Tidak ada cara untuk belajar menjadi mandiri sebaik dari sekolah dan kuliah di luar negeri. Di negara baru yang tidak ada kenalan sama sekali, akan membuat insting untuk bertahan hidup kita sangat tinggi. Disini kita harus belajar bergantung pada diri sendiri yang artinya kita harus belajar bagaimana untuk mencuci atau memasak sendiri karena Kita tidak lagi hidup dengan ibu yang senantiasa membantu.
  • Kemampuan untuk dapat mudah berteman dengan orang lain adalah kemampuan yang tidak semua orang punya. Dengan bersekolah di luar negeri, kemampuan ini akan terasah. Kita akan bertemu teman-teman baru. Kita akan dapat memperluas lingkaran sosial Kita ketika belajar belajar di luar negeri. Persahabatan antar pelajar yang berasal dari negara yang sama akan sangat erat disini. Selain itu mempunyai teman dari seluruh penjuru dunia sangatlah menyenangkan. Kita akan mempelajari betapa banyak jenis orang yang berbeda di dunia.
  • Survei membuktikan orang-orang perantau biasanya memiliki kemungkinan sukses yang lebih besar daripada yang bukan perantau. Dengan belajar di luar negeri, kita akan mempelajari banyak hal bari dari budaya baru hingga bahasa baru yang sangat berguna bagi kehidupan Kita. Coba kita lihat di mall-mall Indonesia. Betapa banyak jajanan ataupun restaurant yang berasal dari negara lain. Mungkin saja dengan belajar di luar negeri, kita akan mendapatkan ide-ide baru yang belum ada di negara asal.

Kekurangan Sekolah atau Kuliah di Luar Negeri

    • Kita akan jauh dari rumah dan lingkungan yang biasa kita nikmati. Hidup di negara baru akan menguji batas diri kita. Kita akan dihadapkan dengan masakan baru, dengan cara-cara baru hidup dan kebiasaan baru, dengan orang-orang baru, dan bahkan dengan hambatan bahasa. Dengan belajar di luar negeri sendiri merupakan suatu ujian yang sangat berat. Pertanyaannya apakah kita sanggup untuk beradaptasi atau tidak. Kita mungkin saja menyerah dari semua kesulitan ini.
    • Dengan bersekolah dan berkuliah di luar negeri, mungkin saja kita dijadikan warga kelas dua. Kita mungkin akan mendapatkan perlakuan sosial yang berbeda disana. Misalnya saja kemungkinan diterima kerja dan juga nominal gaji setelah lulus yang berbeda dengan warga asli. Kita harus siap untuk beradaptasi dengan hal ini.
    • Biaya menjadi faktor yang sangat penting. Hidup di negara orang lain seringkali membutuhkan biaya yang cukup mahal. Jika kamu bukanlah tipe orang yang bisa menghitung pengeluaran, kamu harus belajar bagaimana cara melakukan pengiritan. Setiap keputusan seperti memilih tempat sekolah atau kuliah hingga tempat tinggal dan makanan sehari-hari haruslah di pikirkan matang-matang.
    • Bingung dengan rencana pasca-kelulusan Anda. Setelah menyelesaikan kuliah di luar negeri, Kita akan dihadapkan kembali pada keputusan yang cukup berat apakah kita akan kembali ke negara asal atau mencoba keberuntungan di luar negeri. Jika Kita memutuskan untuk tinggal di negara di mana Kita lulus, ingat bahwa akan ada syarat dan kriteria untuk bisa tinggal dan bekerja yang harus segera dipenuhi.

    Demikian beberapa keuntungan dan kerugian dari sekolah di luar negeri ataupun kuliah di luar negeri yang harus Kita ketahui. Pertimbangkan hal-hal tersebut jika kamu berencana untuk belajar di luar negeri.


    Share Artikel ini di Sosial Media

    Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
    Login untuk memberikan komentar