Kuliah Jarak Jauh di Universitas Terbuka Indonesia

11-02-2015 | | 0 Komentar

universitas terbuka online

Umur, waktu dan status sosial seharusnya tidak boleh menjadi penghalang bagi seseorang untuk belajar. Banyak permasalahan di Indonesia terkait hal ini, misalnya orang yang sudah cukup berumur malu untuk berkuliah atau sulitnya para pilot atau nahkoda kapal untuk melanjutkan kuliah ke tingkat yang lebih tinggi dan masih banyak permasalahan sosial lainnya terkait hal ini. Saat ini dengan semakin berkembangnya teknologi informasi di Indonesia, sudah ada yang namanya Universitas Terbuka untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. 

Universitas terbuka adalah perguruan tinggi negeri seperti ITB dan UI. Universitas ini memiliki sistem belajar terbuka dan kuliah jarak jauh. Ditambah dengan adanya kantor regional di seluruh provinsi di Indonesia, Pendidikan berkualitas dari Universitas Terbuka ini dapat diakses oleh semua orang Indonesia termasuk di daerah-daerah terpencil sekalipun.

Mengenal Sistem Universitas Terbuka

Sistem yang diterapkan oleh perguruan tinggi negeri ini sangatlah fleksibel karena persyaratan yang cukup berbeda dengan universitas-universitas lainnya. Jika biasanya kampus-kampus menerapkan maksimal 8 tahun masa kuliah, disini tidak ada sistem seperti itu, tidak ada dropout dalam jangka waktu tertentu.

PTN ini tidak mensyaratkan umur untuk dapat mendaftar. Pendaftaran universitas terbuka pun sangat fleksibel, kita dapat mendaftar kapan saja. Nantinya pun pendaftaran Universitas Terbuka akan dapat dilakukan secara online. Materi pembelajaran di Universitas ini dapat diakses dari berbagai macam jenis, dari buku cetak, buku elektronik digital, video hingga secara online.

Seperti halnya di universitas-universitas di Indonesia pada umumnya, di sini juga terdapat UAS, Ujian Akhir Semester. Untuk lulus dan mendapatkan gelar Strata 1 pun, seorang mahasiswa diwajibkan membuat TAP (Tugas Akhir Program), sama seperti skripsi, dan untuk mendapatkan gelar S2 mahasiswa diwajibkan membuat tesis.

Dengan sistem yang sangat fleksibel seperti ini, Universitas Terbuka telah memiliki lebih dari 450 ribu mahasiswa dan menjadi salah satu universitas yang memiliki mahasiswa terbanyak di dunia.

Akreditasi Universitas Terbuka Pasti Jelek

PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di Indonesia selalu terkenal dengan kualitasnya. Hal ini juga tentu saja berlaku dengan Universitas Terbuka Indonesia . Dengan mahasiswa sebanyak itu, kualitas PTN ini tidak dikorbankan terbukti dengan akreditasi Universitas Terbuka.

Secara nasional tentu saja seluruh program di UT ini telah terakreditasi dengan baik. Yang lebih menarik adalah PTN ini telah diakui secara internasional dengan memegang akreditasi internasional dan juga memegang berbagai sertifikasi internasional termasuk ISO 9001:2000 tentang kualitas.

Dari segi materi pembelajaran yang diberikan pun tidak sembarangan. Materi pembelajaran di buat memang khusus untuk dipelajari tanpa dosen ataupun tutor (belajar sendiri). Pembuat materinya pun adalah dosen-dosen ternama dari berbagai universitas dan perguruan tinggi ternama di Indonesia. Materinya pun telah digunakan oleh perguruan tinggi lainnya.

Kalau sudah melihat hal ini tentu saja kualitas tidak perlu dipertanyakan lagi.

Program di UT

Program yang bisa diambil di Universitas Terbuka adalah dari program diploma 1 (D1), diploma 2 (D2), diploma 3 (D3), diploma 4 (D4), program sarjana (S1) dan program magister (S2). Disini kita bisa memilih program studi dari beberapa fakultas yang di sediakan oleh Universitas Terbuka. Saat ini UT membuka 4 fakultas, yaitu

  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Fakultas ini membuka 11 program studi untuk program sarjana.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP). Fakultas ini membuka program sarjana, diploma 2, diploma 3 dan diploma 4.
  • Fakultas Ekonomi (FEKON). Fakultas ini membuka program sarjana saja.
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Fakultas ini membuka program diploma 1, sarjana dan magister.


Tertarik untuk kuliah jarak jauh di universitas terbuka? Daftarkan secepatnya di kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka terdekat.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar