Tips Cara Mencari Jurnal Internasional

10-02-2015 | | 0 Komentar

gambar jurnal

Jurnal adalah artikel akademis yang dibuat oleh seorang penulis jurnal untuk membahas suatu ilmu tertentu. Bagi kamu yang sedang berkutat dengan skripsi pasti tidak asing dengan kata jurnal ini. Jurnal memang merupakan referensi yang sangat kuat yang dibutuhkan adalah skripsi ataupun tesis seseorang. Mengapa begitu? Berbeda dengan menyatakan pendapat, jurnal terdapat bab-bab yang menjelaskan suatu pemasalahan beserta bukti-bukti dari pernyataannya. Oleh karena itu setiap pernyataan di jurnal dapat dipertanggung jawabkan oleh sang penulis. 

Saat ini mencari jurnal pun tidak lagi sesulit jaman dulu. Dengan teknologi internet sudah banyak jurnal online tersebar di dunia maya, dari jurnal nasional hingga jurnal internasional. Jurnal internasional ini telah diakui secara global, oleh karena itu jurnal jenis ini adalah suatu referensi yang sangat kuat dalam membuat penelitian ilmiah ataupun skripsi dan tesis. Tetapi masih banyak yang bingung bagaimana cara mencari jurnal internasional yang tepat.

Perlu diketahui di dunia maya saat ini ada 2 jenis tipe jurnal online. Jurnal online berbayar dan juga jurnal online tidak berbayar alias gratis. Kali ini Ikelas akan memberikan tips cara mencari jurnal internasional di internet.

1. Mencari di Layanan Jurnal Partner Universitas Kamu

Biasanya setiap universitas memiliki partner dengan suatu website jurnal berbayar. Kamu disini bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan gratis di lingkungan kampus kamu. Jika kamu belum tahu cara mengaksesnya, tanyakan pada pihak kampus yang berkepentingan dalam masalah ini seperti bagian akademik.

2. Mencari Jurnal Internasional di IEEE

Jika kamu mempunyai budget yang cukup dan kampus tidak memfasilitasi jurnal di IEEE ini, kamu boleh coba berlangganan di website IEEE ini. IEEE atau singkatan dari The Institute of Electrical and Electronics Engineers merupakan website penyedia jurnal terbesar. Jurnal-jurnal yang lolos masuk IEEE ini sangat berkualitas sehingga tempat ini adalah tempat paling favorit bagi para penulis jurnal. Sayangnya memang website ini mengharuskan pengguna berlangganan untuk dapat menggunakan fasilitasnya. Memang cukup mahal harga berlangganannya, tetapi jurnal-jurnal disini sangat bermanfaat. Kunjungi http://www.ieee.org/ untuk menggunakannya

3. Mencari Jurnal Menggunakan Mesin Pencari Citeseerx

Citeseerx adalah mesin pencari khusus untuk mencari jurnal online. Dengan citeseerx kamu bisa mencari jurnal internasional sesuai dengan kata kunci yang kamu masukkan. Penggunaannya sangat mudah. Tapi memang data informasi jurnal di citeseerx tidaklah terlalu up to date seperti IEEE. Tapi dengan penggunaannya yang gratis dan kita dapat langsung mengunduh filenya, citeseerx tentu cukup bermanfaat bagi banyak penulis jurnal. Untuk menggunakannya kunjungi situs ini http://citeseerx.ist.psu.edu/

4. Mencari Jurnal Internasional di Science Direct

Science Direct adalah website penyedia jurnal seperti IEEE. Koleksi jurnalnya cukup banyak walaupun tidak sebanyak IEEE. Science Direct menyediakan banyak jurnal gratis, tetapi ada juga yang berbayar. Jika jurnal tersebut berbayar, kamu dapat membayarnya seperti saat kamu membeli barang secara online. Dari sisi data jurnalnya, di Science Direct, koleksi jurnal cukup up to date. Untuk menggunakannya kunjungi website ini http://www.sciencedirect.com/

5. Memanfaatkan Google Scholar untuk Mencari Jurnal Internasional

Google merupakan mesin pencari terbesar di dunia. Google memiliki produk bernama Google Scholar yang merupakan mesin pencari khusus mencari literatur, artikel dan tulisan-tulisan akademis termasuk jurnal. Penggunaannya sama seperti dengan penggunaan google seperti biasa. Terlebih lagi dengan penggunaannya yang gratis membuat google scholar adalah salah satu produk favorit untuk pencari jurnal online. Kunjungi website https://scholar.google.com/ untuk menggunakannya.

Demikian beberapa tips cara mencari jurnal internasional yang dirangkum oleh tim Ikelas. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar