Cara Mencari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

09-02-2015 | | 0 Komentar

gambar kartu nisn

Di artikel sebelumnya "Apa itu NISN, Nomor Induk Siswa Nasional?" telah dijelaskan mengenai apa itu NISN. Banyak siswa-siswi di Indonesia tidak tahu nomor NISN mereka, padahal sebenarnya mereka memiliki Nomor Induk Siswa Nasional tersebut. Ada beberapa cara mencari NISN seperti sebagai berikut

1. Tanya ke Pihak Sekolah

Di artikel sebelumnya, telah dijelaskan bahwa sebenarnya sekolah kamu bekerja sama dengan pemerintah mengenai data siswa ini. Sekolah pasti mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional setiap siswanya. Cara paling mudah untuk mencari nomor NISN kamu adalah dengan menanyakan langsung ke sekolah. Kamu bisa menanyakan ke bagian tata usaha atau kependidikan yang memang berkaitan erat dengan data-data sekolah.

2. Tanya ke PDSP

PDSP atau Pusat Data dan Statistik Pendidikan adalah pengurus sistem DAPODIK, tempat dimana nomor NISN berada. Tim PDSP pasti tahu mengenai seluruh nomor NISN semua siswa di Indonesia. Kamu bisa menelepon ke tim PDSP di 021-57905777 atau di 021-57904804 atau dengan mengirim email ke [email protected]

3. Cari NISN secara Online

Cara paling mudah adalah dengan mencarinya secara Online. KEMDIKBUD telah memiliki website yang sangat lengkap. Mereka juga menyediakan fitur khusus untuk mencari NISN secara online. Ikuti instruksi berikut untuk mencari NISN secara Online.

  • Pilih tab pencarian berdasarkan nama
  • Akan muncul 3 kotak, Nama Siswa, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir. Isi semua dengan sebenar-benarnya, kemudian klik tombol Cari. (Lihat Gambar Berikut)


  • Jika proses telah dilakukan dengan benar akan muncul nomor NISN kamu.

Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar