Tips Jitu Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri Bagi Mahasiswa S1

22-09-2015 | | 0 Komentar

tips dapat beasiswa ke luar negeri

Beasiswa merupakan jalur yang banyak diminati oleh berbagai kalangan untuk melanjutkan pendidikan  yang lebih baik. Beasiswa memungkinkan anda bisa menikmati pendidikan secara gratis. Selain itu, berbagai info beasiswa banyak dicari oleh para pelajar maupun mahasiswa. Untuk mahasiswa yang telah lulus S1, beasiswa yang menjadi incaran utama adalah beasiswa ke luar negeri untuk S2. Beasiswa S2 di luar negeri banyak diminati oleh para lulusan S1 karena kualitas pendidikannya yang jauh lebih baik dibandingkan Indonesia. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan banyak fasilitas-fasilitas yang menguntungkan. Para penerima beasiswa akan dibebaskan dari biaya kuliah dan penelitian. Bahkan, mereka juga akan mendapatkan tempat tinggal gratis, asuransi kesehatan dan uang saku setiap bulan. Tak ayal, beasiswa ini bagaikan seperti medan perang bagi berbagai mahasiswa di seluruh dunia. Memang, untuk mendapatkan beasiswa itu cukup sulit dan butuh perjuangan ekstra tetapi bukan berarti tidak mungkin. Beberapa cara ini bisa anda lakukan untuk mendapatkan beasiswa belajar di luar negeri.  

Cara pertama yang harus anda lakukan untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri adalah menentukan negara tujuan anda belajar dan cari informasi sebanyak mungkin di berbagai media tentang beasiswa di negara tersebut. Untuk Indonesia, negara yang banyak dijadikan tujuan beasiswa adalah Singapura, Malaysia, Australia, Mesir dan Inggris. Singapura sendiri terbukti memberikan banyak bantuan finansial bagi pelajar ataupun mahasiswa dari Indonesia yang mendapatkan beasiswa. Jika anda sudah menentukan negara tujuan, anda bisa mengunjungi website kedutaan negara tersebut di Indonesia yang menyediakan informasi seputar beasiswa. Terkadang informasi tersebut juga sudah dilengkapi dengan persyaratan dan ketentuan untuk mendaftar sebagai calon penerima beasiswa.  

Cara selanjutnya yang tak kalah penting adalah mempersiapkan kemampuan dan sertifikat bahasa asing anda. Jika anda mahasiswa yang masih awam dengan bahasa asing seperti bahasa inggris, anda bisa mengikuti kursus bahasa inggris resmi yang juga menyediakan sertifikat TOEFL atau IELTS. Sertifikat tersebut merupakan persyaratan wajib jika anda berniat mendaftar beasiswa ke luar negeri. Saat ini, sudah banyak kursus bahasa inggris yang dapat ditempuh dalam waktu singkat. Jika anda merupakan mahasiswa bahasa asing seperti Pendidikan Bahasa Inggris ataupun Sastra Inggris, anda tentu sudah sangat terbiasa dalam penggunaan bahasa asing. Dengan demikian, anda bisa pergi ke berbagai instansi yang memang hanya menyediakan tes TOEFL atau IELTS tanpa persiapan atau kursus. 

Jika anda berencana mendaftar beasiswa ke luar negeri, anda bisa mulai menjalin hubungan yang baik dengan dosen yang sudah profesor dan lulusan luar negeri di kampus. Hal ini juga merupakan cara untuk memperlancar langkah anda dalam mendapatkan beasiswa karena kebanyakan pemberi beasiswa luar negeri mewajibkan pelamarnya untuk menyertakan surat rekomendasi dari dosen. Pilihlah dosen yang memang mengetahui kemampuan akademik anda selama belajar di bawah bimbingannya dan dosen yang sudah menerbitkan karya tulis atau jurnal internasional agar lebih meyakinkan. Surat rekomendasi menjadi salah satu penentu diterima atau ditolaknya lamaran anda. Keuntungan lainnya jika menjalin hubungan baik dengan dosen, yaitu anda bisa bertanya banyak hal pada dosen tersebut seputar pengalaman akademik mereka selama belajar di luar negeri.

Faktor penentu lainnya untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri adalah Curriculum Vitae (CV) yang berkualitas dan meyakinkan. Jadi mulailah belajar cara membuat CV yang baik dan benar tetapi tetap menarik. Anda juga harus menyebutkan berbagai prestasi akademik maupun non akademik yang pernah anda raih. Tambahkan juga berbagai pengalaman saat mengikuti event internasional atau seminar, organisasi, pengalaman kerja dan lain sebagainya. 



Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar