Metode Pembelajaran Efektif yang Harus Diketahui Para Pendidik

20-09-2015 | | 2 Komentar

foto metode pembelajaran efektif

Sebagai seorang pendidik, Anda harus mengetahui metode pembelajaran efektif seperti apa yang bisa diterapkan para peserta didik Anda. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan, seorang guru sebagai sosok yang memberikan pendidikan secara formal harus paham betul strategi ataupun metode pembelajaran yang tepat untuk semua anak didiknya. Beberapa metode pembelajaran sebenarnya sudah banyak digunakan para pendidik untuk menunjang kegiatan belajar mengajar anak didiknya, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Metode pembelajaran tanya jawab

Metode seperti ini termasuk dalam metode modern yang baik diterapkan untuk peserta didik. Tanya jawab bisa dilakukan oleh kedua pihak, bisa pendidik yang bertanya pada peserta didiknya, ataupun peserta didik yang bertanya pada pendidiknya. Metode pembelajaran efektif seperti ini bisa merangsang peserta didik untuk berpikir secara cepat, tepat dan kritis. Selain itu, metode ini juga bisa dijadikan cara untuk para pendidik untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami pembelajaran yang selama ini diberikan. Dalam hal ini, peserta juga akan dituntut mengingat setiap pembelajaran yang diberikan untuk menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan pendidik dengan kreatif.

2. Metode pembelajaran ceramah

Metode pembelajaran efektif yang satu ini bisa dikatakan konvensional. Namun, cukup banyak pula para pendidik yang menggunakan metode ini dalam melakukan pembelajaran. Metode ini merupakan metode pembelajaran, di mana pendidik memberikan informasi ataupun materi kepada peserta didik secara satu arah, yang mana peserta didik di sini pasif dan hanya mendengarkan semua materi dan informasi yang diberikan pendidik pada mereka. Kelebihannya, peserta didik akan menerima banyak sekali materi dan informasi dibandingkan dengan metode tanya jawab saat pembelajaran. Selain itu, metode pembelajaran dengan ceramah ini memang dinyatakan cocok untuk para peserta didik yang memerlukan banyak informasi dan materi tanpa harus membeli banyak buku. Para peserta didik yang kurang memiliki daya beli yang cukup untuk  membeli buku bisa mencatat setiap hal-hal apapun yang diutarakan pendidik terkait materi serta informasi yang dibutuhkan.

3. Metode pembelajaran diskusi

Diskusi, bisa menjadi metode pembelajaran efektif yang tepat untuk mengembangkan kreativitas peserta didik untuk memecahkan suatu permasalahan. Manfaat yang didapat dengan menggunakan metode ini adalah, para peserta didik bisa menambah informasi mereka berdasarkan permasalahan yang akan mereka pecahkan. Selain memiliki tujuan untuk memecahkan masalah, metode diskusi ini bisa membuat peserta didik menjadi aktif bertanya, bekerja dalam team, menambah pengetahuan mereka, serta mampu memberikan sebuah keputusan terkait permasalahan yang diberikan. Memang, metode diskusi merupakan cara penyampaian pendidik pada peserta didik untuk saling bertukar informasi terkait pembelajaran yang diberikan selama ini. Para peserta didik, satu sama lainnya akan saling sharing terkait ilmu pengetahuan yang mereka ketahui ataupun pengalaman-pengalaman yang pernah mereka alami.

Sebenarnya, selain beberapa metode pembelajaran di atas, ada banyak metode yang bisa diterapkan pendidik kepada peserta didik mereka, seperti metode eksperimen, metode pembelajaran dengan pemberian tugas, metode study tour, metode simulasi dan lain sebagainya. Namun, hal itu tentu saja harus disesuaikan dengan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah serta keadaan dan kondisi peserta didik. Sebab, apapun jenis metode pembelajaran efektif yang diterapkan, jika tidak diintegrasikan dengan peserta didik dan kurikulum yang sesuai, tentu akan sulit untuk direalisasikan, dan hasilnya juga tidak akan sama dengan tujuan dari pembelajaran itu sendiri.


Share Artikel ini di Sosial Media

Login untuk memberikan komentar
Nopetris Tollo 04-05-2016 | 22:38 WIB
Trims... infonya, sangat berguna bagi seorang guru.... kiranya dimanfaatkan!!
khairuddin 29-04-2016 | 21:46 WIB
siiip,info nya berguna........mksh