Memilih Sekolah Penerbangan di Indonesia

17-09-2015 | | 0 Komentar

sekolah penerbangan di indonesia

Pilot merupakan salah satu profesi yang berkelas dan diidamkan oleh banyak orang. Anak kecil pun ketika ditanya cita-cita ketika besar, banyak di antara mereka yang menjawab ingin menjadi pilot. Walaupun populer, namun tidak semua orang tahu tentang keberadaan sekolah penerbangan di Indonesia dan bagaimana cara memilihnya. Sampai saat ini, di Indonesia masih membutuhkan banyak pilot. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya maskapai penerbangan dan jumlah armada pesawat di Indonesia yang tidak sebanding dengan lulusan pilot yang dihasilkan dari sekolah penerbangan. Oleh karena itu, peluang meraih kesuksesan untuk menjadi pilot masih terbuka lebar. Mempunyai gaji yang sangat tinggi dan bisa berkeliling dunia menggunakan pesawat adalah alasan umum mengapa seseorang tertarik untuk menjadi pilot.

Sekolah penerbangan sebenarnya tidak hanya mencetak profesi pilot saja, tetapi beberapa di antaranya juga menyediakan pilihan jurusan lain yang berkaitan dengan penerbangan, seperti bagian mesin, administrasi penerbangan, navigasi, pramugari, dan sebagainya. Sehingga bagi anda yang ingin memutuskan untuk bersekolah di sekolah penerbangan, tidak perlu khawatir tentang lapangan pekerjaan setelah lulus. Ada beberapa pilihan sekolah penerbangan di Indonesia. Di antaranya yaitu Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug. STPI Curug merupakan sekolah penerbangan milik Pemerintah, yaitu di bawah Kementrian Perhubungan (Kemenhub). Sekolah ini terletak di daerah Curug, Tangerang, Banten. Kemenhub juga memiliki sekolah penerbangan di Surabaya, yang bernama AKTP (Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan). 

Kemudian ada beberapa sekolah penerbangan di Indonesia yang terletak di kawasan bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, yaitu Alfa Flying School, Deraya Flying School, dan Nusa Flying School. Pilihan lainnya yaitu Aero Flyer Institute yang merupakan sekolah penerbangan yang dimiliki oleh maskapai penerbangan Batavia Air. Lalu ada lagi sekolah penerbangan Proflight Pilot School yang berlokasi di Jl. Griya Utama, Sunter Agung, Jakarta. Tetapi untuk praktek penerbangan, sekolah tersebut mengambil lokasi di bandara Cakrabhuwana, Cirebon. Di kawasan Sovereign, Jl. Simatupang, Jakarta juga terdapat sekolah penerbangan yang bernama Bali International Flight Academy. Untuk tempat latihannya, sekolah ini mengambil lokasi di Pangkalan Udara Letkol Wisnu, Buleleng, Bali.

Ada beberapa tips dalam memilih sekolah penerbangan di Indonesia, antara lain yaitu perhatikan sarana dan prasarana yang dimilikinya. Sarana dan prasarana penting dalam sekolah penerbangan adalah adanya fasilitas bandara sebagai tempat latihannya. Pastikan bahwa sekolah penerbangan tersebut telah memiliki lapangan udara khusus sebagai lahan prakteknya. Kemudian, jumlah pesawat juga tidak kalah penting. Pastikan bahwa sekolah tersebut memiliki armada pesawat cukup banyak sebagai alat praktek. Banyaknya armada pesawat ini tentunya akan membuat pembelajaran lebih lancar dan optimal.

Selain itu perhatikan jam terbang yang diberikan oleh sekolah tersebut kepada para siswanya. Sekolah penerbangan yang bagus, pastinya memberikan latihan dengan jam terbang yang cukup tinggi untuk menggembleng keahlian para calon pilot. Anda juga dapat melihat kualitas sekolah penerbangan berdasarkan profil instruktur/para pelatihnya. Instruktur pilot yang baik pastinya berasal dari para pilot profesional yang telah mempunyai pengalaman dengan jam terbang yang sangat tinggi. Selain itu, perhatikan juga usia sekolah penerbangan tersebut beserta lisensi yang telah dimilikinya. Semakin tua usia sebuah sekolah penerbangan, berarti menunjukkan sekolah tersebut memiliki banyak pengalaman. Untuk lisensinya, pilihlah sekolah penerbangan di Indonesia yang menyediakan lisensi untuk para calon pilotnya setingkat MER (Multi Engine Rating) yang merupakan lisensi tertinggi yang menentukan tingkat keahlian pilot untuk menerbangkan pesawat.



Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar