Perkembangan Sekolah Internasional di Jakarta

16-09-2015 | | 0 Komentar

sekolah internasional di jakarta

Sekolah Internasional (Satuan Pendidikan Kerjasama) merupakan sekolah yang didirikan dan dikelola oleh suatu yayasan baik asing maupun nasional, di mana kualitas/mutu dari sekolah tersebut sudah diakui oleh dunia Internasional. Sebagian besar sekolah Internasional di Indonesia terdapat di Jakarta. Sekolah internasional di Jakarta berkembang pesat karena Jakarta merupakan Ibu kota negara yang merupakan pusat pemerintahan, pusat perkantoran perwakilan Internasional, dan pusat parameter pembangunan khususnya bidang pendidikan di Indonesia. Sekolah Internasional dibentuk berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku dengan tujuan untuk menciptakan lulusan yang siap bersaing secara Internasional dalam menghadapi era globalisasi. Sekolah Internasional tidak hanya diperuntukkan untuk warga negara asing, tetapi Warga Negara Indonesia (WNI) pun tentunya juga diberi kesempatan seluas-luasnya untuk menuntut ilmu di sekolah ini. 

Banyak alasan orang tua memilih sekolah internasional di Jakarta, di antaranya yaitu agar setelah lulus anaknya dapat melanjutkan studi di luar negeri, dapat bergaul dengan siswa lain dari berbagai negara, ataupun agar anaknya mendapatkan pendidikan yang benar-benar berkualitas menurut standar yang diakui secara Internasional. Keutamaan sekolah ini yaitu bahwa kurikulumnya sudah disesuaikan dengan standar Internasional, pengantar komunikasi pendidikan sebagian besar menggunakan bahasa internasional (inggris), serta siswanya yang multi etnis karena biasanya tidak hanya berasal dari WNI, tetapi juga WNI keturunan asing, maupun Warga Negara Asing (WNA) dari berbagai negara berbeda yang tinggal di Indonesia. 

Dalam hal kurikulum, sekolah internasional di Jakarta biasanya mengembangkan metode pendidikan yang berpandangan bahwa suksesnya seorang anak di masa depan tidak hanya dipengaruhi oleh nilai akademis semata, tetapi dipengaruhi oleh banyak faktor, dan faktor-faktor itulah yang akan ditanamkan kepada siswa didiknya dalam kurikulum pembelajarannya. Kurikulum dalam sekolah internasional biasanya menekankan kemandirian siswa dalam proses belajar, pembekalan keterampilan pada para siswa yang bersifat praktis, mengeksplorasi kemampuan siswa untuk memecahkan suatu permasalahan, serta menanamkan prinsip kepemimpinan dan pentingnya team work dalam sebuah komunitas/organisasi.

Banyak alternatif sekolah internasional di Jakarta yang dapat menjadi pilihan. Jenjang pendidikan yang ditawarkan bervariasi, dari pra sekolah sampai setingkat perguruan tinggi. Contoh di antaranya adalah Royal Buckingham International School. Sekolah yang terletak  di Jl. Danau Indah Raya Jakarta Utara ini, menawarkan pendidikan dasar usia dini sampai tingkat menengah. Konsep pendidikan yang ditawarkan adalah pengembangan kepribadian, keterampilan, dan kerja sama dalam kelompok. Kemudian ada Jayakarta Montessori School yang mendidik siswa usia 2 sampai 11 tahun yang menekankan kepercayaan diri dan kreativitas kepada para siswanya. Sekolah ini terletak di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Sekolah Harapan Internasional yang berada di kawasan The Bellezza Permata Hijau Jakarta, juga merupakan salah satu sekolah Internasional yang menyediakan pendidikan anak sekolah usia 1 – 12 tahun yang menekankan kemampuan penguasaan berbagai bahasa asing serta pendidikan agama dan karakter.

Di sebelah area wisata Situ Gintung, Ciputat Timur Jakarta, juga terdapat sekolah Internasional yang disediakan untuk anak berusia 1,5 sampai 17 tahun, yang bernama Jakarta International Multikultural School. Sesuai namanya, sekolah ini menekankan pada pendidikan yang berbasis multi budaya dari berbagai negara yang telah berstandar Internasional. Selain yang sudah disebutkan di atas, tentunya masih banyak pilihan sekolah-sekolah internasional yang berada di Jakarta, seperti High Scope Indonesia, Jakarta Islamic School, The New Zealand International School, Singapore International School, Sinarmas World Academy, Sekolah Lentera Internasional, Nederlandse International School, Jakarta Japanese School, Jakarta International School, dan masih banyak lagi yang lainnya. Beragam sekolah internasional di Jakarta tersebut pastinya menawarkan berbagai macam fasilitas yang lengkap baik yang berkaitan dengan sarana akademik utama, perpustakaan, sarana olahraga, teknologi informasi, laboratorium praktek, sarana seni, keterampilan, teater, dan sebagainya. 



Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar