Praktikum Kimia: Membuat Minuman Sparkling Lemonade

13-08-2015 | | 0 Komentar

Membuat Lemon dengan Kimia

Jika Anda memperhatikan menu-menu minuman di sebuah restoran, pasti Anda tidak asing dengan minuman Sparkling Lemonade. Asamnya buah lemon di tambah dengan sensasi soda yang yang menempel di lidah memang membuat minuman tersebut terasa segar untuk di minum. Bersantai sambil menikmati segelas sparkling lemonade pastinya sangat menyenangkan.

Tapi, minuman tersebut biasanya hanya ada di restoran, bisakah kita membuatnya sendiri? Berikut ini adalah cara mudah untuk mengubah lemon biasa menjadi lemon yang bersoda dengan menggunakan konsep Kimia. Ya, dengan menggunakan ilmu dari Kimia, kita dapat membuat sebuah minuman yang enak. Tidak heran, saat ini banyak muncul penemuan makan atau minuman baru karena perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan.

Untuk membuat Sparkling Lemonade, prinsip kerjanya sebenarnya mirip dengan praktikum cuka gunung berapi yang sudah sangat sering di lakukan di sekolah. Pada percobaan guung berapi dari cuka, ketika sodium carbonate di tetesi cuka, maka akan terjadi suatu reaksi seperti lahar gunung berapi yang keluar. Mengapa demikian? Ketika Anda menggabungkan asam dengan baking soda, Anda akan mendapatkan gas karbondioksida yang muncul berupa gelembung. Pada percobaan gunung berapi, asam yang di gunakan adalah asam asetat yang berasal dari cuka sedangkan percobaan yang akan kita lakukan menggunakan asam sitrat dari lemon. Sama seperti halnya percobaan gunung berapi, untuk mendapatkan sensasi soda, Sparkling Lemonade menggunakan rekasi saat asam sitrat dari lemon bertemu dengan sodium carbonate (bakingsoda).

Bahan yang di perlukan:

Pada dasarnya, bahan yang Anda perlukan untuk percobaan ini adalah dengan menggunakan:

  • 2 gelas air
  • 1/2 cangkir jus lemon (mengandung asam sitrat dan jumlah yang lebih kecil dari asam askorbat)
  • 1/4 cangkir gula (sukrosa)
  • gula batu
  • baking soda (sodium bicarbonate)

Cara Membuatnya:

  1. Campur air, jus lemon, dan gula (sukrosa). Gula perlu dimasukkan agar rasa asam tidak terlalu kuat dan menjadi lebih nikmat. Dinginkan lemon terlebih dahulu agar nantinya tidak perlu menambahkan es yang dapat mempengaruhi rasa Sparkling Lemonade Anda.
  2. Lapisi gula batu dengan baking soda. Anda dapat menaburinya dengan bakingsoda yang berbentuk bubuk atau dengan mengocok gula batu tersebut di dalam wadah yang berisi baking soda.
  3. Selanjutnya Anda hanya perlu memasukkan buah lemon sebagai penghias dan masukkan gula batu yang telah dilapisi dengan sodium bicarbonate (baking soda) tersebut.
  4. Nikmati Sparkling Lemonade buatan Anda sendiri.

Anda dapat melakukan percobaan ini dengan buah lainnya (yang bersifat asam) selain buah lemon, karena pada dasarnya percobaan percobaan ini adalah untuk membuktikan munculnya karbondioksida akibat reaksi kimia pencampuran asam dengan sodium bicarbonate.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar