Tips Sukses Ujian Geografi Menggunakan Map

14-07-2015 | | 0 Komentar

Ujian Menggunakan Map

Kuis membaca peta adalah salah satu alat mengajar favorit bagi guru geografi, ilmu pengetahuan sosial, dan juga sejarah. Tujuan dari kuis menggunakan peta adalah untuk membantu siswa untuk mempelajari nama, ciri-ciri fisik, dan sifat-sifat dari tempat-tempat yang ada di seluruh dunia.

Cara yang Salah Dalam Belajar Untuk Ujian Menggunakan Peta

Banyak siswa yang membuat kesalahan saat belajar dengan membaca peta. Mereka mempelajarinya dengan dan membaca bagian-bagian peta (seperti gunung, laut, dll) secara berulang-ulang. Untuk mata pelajaran hafalan lainnya mungkin metode ini masih dapat di gunakan, tetapi untuk pelajaran berbentuk grafis seperti peta, cara tersebut bukan cara belajar yang baik.

Anda harus lebih aktif! Sebenarnya mempelajari peta dapat dilakukan dengan cepat. Salah satu cara terbaik untuk mempelajari peta adalah dengan cara menguji diri sendiri secara berulang-ulang mengisi nama (sungai, gunung, dan sebagainya) sampai semua bagian terisi dengan benar.  Menurut penelitian, cara yang efektif untuk mempelajari materi baru adalah dengan mengisi form tes secara berulang-ulang.

Ada beberapa cara untuk menguji diri sendiri dalam mempelajari ujian dengan menggunakan map. Lihat penjelasan dibawah ini dan temukan metode yang paling cocok untuk Anda.

Menggunakan Warna

Anda dapat menggunakan warna untuk membantu mengingat nama sebuah tempat. Misalnya, jika Anda mencoba untuk menghafal negara-negara di Eropa, cobalah pilih warna yang menjadi ciri khas atau merupakan huruf awal dari negara tersebut.

  • Jerman = Jingga
  • Spanyol = Silver
  • Italia = Indigo
  • Portugal = Pink

Pelajarilah per bagian (jangan langsung keseluruhan Eropa). Lalu, print map tersebut dan coba tebak nama negara sesuai warna yang telah Anda berikan. Lakukan secara berulang-ulang sampai Anda haal dengan posisi tiap negara.

Metode ini sangat cocok untuk orang yang memiliki gaya belajar tipe visual.

Metode Peta Kosong

Metode ini sangat bagus untuk orang yang memiliki gaya belajar dengan tipe kinestetis. Yang Anda perlukan untuk metode ini adalah:

  • Satu kertas peta kosong
  • Pensil
  • Penghapus

Pertama-tama Anda harus membaca dan mempelajari peta tersebut. Kemudian cobalah isi peta kosong yang telah Anda siapkan tanpa melihat peta yang lengkap. Setelah selesai hapus kembali tulisan Anda dan ulangi hingga Anda hafal posisi tiap lokasi di map.

Menggunakan Power Point

Metode yang terakhir ini menggunakan Ms. Powerpoint dalam penerapannya. Pertama-tama Anda harus membuka PowerPoint dan buatlah slide dengan map kosong. Selanjutnya ketik nama label tiap negara menggunakan text box di lokasi tiap negara.

Insert -> Text Box

Berikan animasi tiap text box tersebut dengan menggunakan tab Animation. Begitu map telah selesai terbuat, jalankan "Record Slide Show" pada tab Slide Show. Program akan merekam semua kata yang Anda sebutkan. Slide Show akan mulai berjalan dengan sendirinya. Selanjutnya Anda harus menyebutkan nama tiap negara sesuai dengan animasi yang muncul.

Setelah selesai, artinya Anda telah membuat video dari map berikut penjelasannya menggunakan suara Anda. Cara belajar ini sagat cocok untuk orang yang memiliki gaya belajar auditori.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar