Tips Mengisi Liburan Agar Tetap Produktif untuk Mahasiswa

11-07-2015 | | 0 Komentar

produktif saat liburan

Apakah Anda seorang mahasiswa dari suatu perguruan tinggi? Menjadi mahasiswa tidak akan terlepas dari yang namanya liburan semester. Liburan semester pada seorang mahasiswa berbeda dengan liburan pada siswa sekolah (SD-SMA). Liburan semester pada mahasiswa bisa sangat panjang dan membosankan. Libur hingga 2-3 bulan tentu terdengar menyenangkan. Diawal masa liburan, mahasiswa akan merasa sangat bahagia merasakan nikmatnya liburan. Tetapi, setelah 1-2 minggu merasakan liburan, libur menjadi semakin membosankan. Sebagian mahasiswa dapat mengikuti berbagai aktivitas untuk mengisi liburan, sebagian lainnya tidak tahu apa yang harus mereka lakukan selama liburan.

Selama liburan panjang, banyak aktivitas yang bisa dilakukan agar liburan tetap produktif. Bingung mengisi waktu saat liburan panjang? Lihat beberapa tips berikut agar tetap produktif saat liburan panjang tiba.

Research Minat/Hobi Anda

Sebagai mahasiswa pascasarjana, Anda sudah tahu apa yang menjadi minat Anda, kan? Ada yang sangat menyukai dunia bisnis seperti menjual barang, ada lagi orang yang menyukai mendesain sebuah barang yang unik dan masih banyak lagi. Banyak sekali suatu hal yang menjadi minat seseorang tapi tidak diajarkan dalam dunia pendidikan. Saat masa-masa bersekolah (berkuliah) mungkin waktu dihabiskan untuk mengerjakan tugas ataupun belajar. Oleh karena itu, liburan panjang adalah waktu yang tepat untuk mengeksplorasi minat atau hobi yang dimiliki.

Bangun Jaringan Profesional di Internet

Penetrasi penggunaan internet di dunia semakin lama semakin tinggi. Saat ini, internet telah masuk ke segala bidang kehidupan. Salah satu hal yang dapat dilakukan saat liburan panjang adalah membangun jaringan profesional di internet. Network (jaringan) saat ini menjadi parameter penting bagi kesuksesan seseorang di dalam kehidupan. Anda dapat memulai membuat dan mengupdate akun LinkedIn Anda untuk memperkenalkan diri secara profesional ke dunia. Saat ini LinkedIn menjadi media yang sangat efektif dalam memperkenalkan diri ke dalam dunia kerja dan profesional. Selain itu, Anda juga dapat membangun jaringan Anda melalui twitter dan facebook. Bangun kembali hubungan dengan teman-teman lama Anda yang Anda sudah jarang bertemu.

Buatlah CV

Banyak para mahasiswa yang memiliki tujuan setelah lulusnya adalah mencari pekerjaan. Buatlah dan update CV Anda dari sekarang. Masa liburan adalah waktu yang paling pas untuk mengupdate CV Anda. 

Mulai Research Untuk Skripsi/Tesis

Ingin kuliah lulus tepat waktu? Anda perlu tahu apa skripsi/tesis Anda. Masa liburan menjadi masa yang tepat untuk mulai mencoba mencari topik hingga melakukan penelitian terhadap skripsi/tesis Anda. Jika Anda dapat merencanakan skripsi/tesis Anda selama masa liburan, hal tersebut akan sangat menguntungkan Anda saat Anda memasuki semester akhir.

Magang

Banyak perguruan tinggi yang saat ini menjadikan magang sebagai salah satu program yang harus diselesaikan seorang mahasiswa. Baik itu karena tugas kuliah ataupun karena keinginan sendiri, mencoba untuk magang (bekerja) saat liburan adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan selama liburan. Anda dapat memperoleh banyak pengalaman bekerja yang sangat penting bagi masa depan.

Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar