Tips Mengerjakan Ujian Pilihan Berganda

03-07-2015 | | 0 Komentar

mengerjakan pilihan berganda

Ada bermacam-macam jenis soal saat seorang siswa mendapatkan tugas ataupun ujian dari guru. Salah satu model soal yang paling terkenal adalah soal pilihan berganda. Soal pilihan berganda mungkin cukup disenangi oleh para siswa karena seakan-akan mereka di beri clue untuk menjawab pertanyaan. Namun, model soal seperti ini bisa jadi berbahaya bagi para siswa, karena soal pilihan berganda mewajibkan pilihan harus tepat atau tidak mendapatkan poin. Bandingkan dengan soal essay yang penilaiannya lebih fleksibel. Soal essay memungkinkan siswa mendapatkan poin walaupun jawabannya tidak 100% benar.

Soal pilihan berganda apalagi pada saat ujian, bisa jadi pisau bermata dua. Jika Anda mendapatkan soal pilihan berganda, cobalah ikuti tips berikut. Memang tidak dapat menjamin Anda akan mendapatkan jawaban akan benar, tetapi dengan tips dibawah, setidaknya akan meningkatkan persentase Anda mendapatkan jawaban yang tepat.

  • Pastikan terlebih dahulu aturan dalam menjawab pilihan berganda. Ada yang menerapkan beberapa jawaban yang benar pada pilihan berganda, ada pula yang menerapkan pengurangan poin saat Anda salah menjawab pertanyaan. Namun, biasanya soal pilihan berganda berupa memilih satu jawaban dari 4 atau 5 pilihan pertanyaan dan tidak ada pengurangan poin saat salah menjawab pertanyaan.
  • Baca terlebih dahulu pertanyaan dengan hati-hati dan pikirkan jawaban sebelum Anda memilih jawaban. Lihat juga pilihan jawaban yang ada, apakah jawaban Anda ada di pilihan tersebut atau tidak. Jika ada kemungkinan memang jawaban itu yang benar.
  • Jika Anda ragu dengan jawaban Anda, cobalah baca semua pilihan jawaban dengan hati-hati. Eliminasilah pilihan-pilihan yang menurut Anda pasti bukan jawabannya. Tandai jawaban yang telah Anda eliminasi (atau sebaliknya, tandai jawaban yang kemungkinan benar). Selanjutnya Anda dapat memikirkan ulang untuk memilih jawaban atau meloncati terlebih dahulu soal tersebut dan kembali lagi nanti.
  • Ketika Anda berhasil mempersempit pilihan Anda menjadi dua pilihan, cobalah cocokan jawaban-jawaban tersebut dengan soal yang diberikan apakah jawaban tersebut cocok dengan soal atau tidak. Terkadang Anda dapat menemukan petunjuk tersembunyi.
  • Jika Anda mengalami soal yang benar-benar membingungkan  dan pertanyaan tersebut memakan banyak waktu, tinggalkan terlebih dahulu. Anda dapat kembali lagi ke soal tersebut setelah Anda mengerjakan soal yang lain. Terkadang soal yang sulit membutuhkan konsentrasi yang cukup menguras energi. Jangan buang waktu dengan menguras pikiran di awal ujian. Sebaiknya dengan secepat mungkin Anda mengisi semua pertanyaan yang mudah terlebih dahulu.
  • Tandai soal-soal yang belum di isi.
  • Perhatikan pilihan jawaban yang ada. Jika pilihan jawaban berupa kata-kata atau kalimat, perhatikanlah awalan kata, akhiran kata atau kata penghubung dari pilihan jawaban tersebut. Terkadang ada clue tersembunyi yang bisa didapatkan dari pilihan jawaban tersebut.
  • Perhatikan selalu waktu mengerjakan ujian. Jangan sampai banyak soal yang tidak ada jawabannya karena Anda tidak memperhatikan waktu ujian. Sesulit apapun soalnya, pastikan semua soal terjawab.
  • Jika Anda telah selesai dan masih banyak waktu tersisa, cobalah periksa ulang jawaban Anda. Terkadang Anda ceroboh saat memilih jawaban dan hal tersebut dapat di atasi dengan memeriksa ulang jawaban Anda.

Bonus tips: Jika Anda menemukan soal yang sangat sulit dan tips di atas gagal dan Anda menyerah untuk menjawabnya, cobalah pilih jawaban antara B atau C. Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa pilihan jawaban tersebut memiliki persentase benar sedikit lebih tinggi dibandingkan pilihan jawaban A atau D.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar