Mengintegrasi Internet di Dalam Kelas

30-06-2015 | | 1 Komentar

pemanfaat teknologi di kelas

Sudah beberapa tahun belakangan perkembangan internet dan teknologi semakin pesat. Saat ini banyak sekali pemanfaatan teknologi dan internet dalam berbagai bidang kehidupan, salah satunya dalam bidang pendidikan. Dengan semakin berkembangnya penetrasi penggunaan internet, saat ini kita sudah tidak lagi kesulitan dalam mengakses internet. Bahkan di beberapa tempat telah tersedia akses internet secara gratis.

Di dalam dunia pendidikan, pemanfaatan internet telah terbukti bermanfaat. Di luar negeri, sebagian besar guru telah memanfaatkan internet sebagai salah satu alat mereka dalam mengajar di dalam kelas. Di Indonesia sendiri memang belum menjadi tren. Tapi, sebagai pengajar yang hidup di dunia yang semakin modern ini, tentu harus mulai mengetahui bagaimana cara mengintegrasikan teknologi dengan mengajar.

Mengintegrasikan Teknologi di Dalam Kelas

Melalui Research

Penelitian adalah alasan nomor satu mengapa internet sangat di perlukan dalam dunia pendidikan. Di internet, berbagai macam informasi telah tersedia. Banyak topik penelitian yang sulit ditemukan di perpustakaan sekolah. Dibandingkan perpustakaan sekolah, mencari informasi, khususnya penelitian akan lebih mudah dengan mencarinya di internet.

Salah satu masalah yang muncul ketika mencari informasi di internet mungkin adalah kualitas dari informasi yang ditemukan. Namun, jika kita memahami dengan tepat cara menggunakan internet, kita dapat membandingkan berbagai sumber informasi dan menemukan sumber informasi yang bisa di percaya. Atau, jika kita membutuhkan sumber yang benar-benar bisa dipercaya, internet telah menyediakan banyak sekali tulisan jurnal yang telah di akui secara internasional. Untuk mendapatkannya, bahkan Anda dapat menemukannya dengan mudah dengan menggunakan fasilitas pencarian Google Scholar, sebuah aplikasi khusus untuk mencari jurnal di internet.

Membuat Website

Salah satu cara lain memanfaatkan teknologi internet dalam dunia pendidikan adalah dengan membuat website. Sebagai seorang pengajar, Anda dapat membuat website untuk kelas kalian. Anda dapat berbagi informasi dengan para siswa seperti informasi tugas, pengumpulan tugas, jadwal dan lain sebagainya. Sebagai contoh Anda dapat memanfaatkan website sebagai tempat untuk siswa membuat cerita pendek ataupun puisi (tugas sekolah).

Anda tidak bisa membuat website? Tidak masalah, ada banyak fasilitas di internet yang menawarkan pembuatan website secara mudah dan gratis (seperti blogspot). Atau jika sekolah Anda memiliki website tersendiri, Anda dapat memanfaatkannya dengan meminta bantuan administrator sekolah Anda. Namun, jika Anda tetap merasa membuat website terlalu menyulitkan Anda, Anda dapat memanfaatkan fasilitas seperti milis dari email seperti Yahoo ataupun fitur grup di facebook. Sangat banyak aplikasi gratis di internet yang dapat di gunakan di dalam dunia pendidikan.

Beri Tugas secara Online

Memberikan tugas secara online adalah cara baru dalam dunia pendidikan. Anda dapat membuat tes atau tugas secara online. Mungkin Anda membutuhkan website untuk hal ini. Pemberian tugas secara online cukup bermanfaat, Anda akan dipermudah saat Anda menilai pekerjaan siswa.


Share Artikel ini di Sosial Media

Login untuk memberikan komentar
azharyuna@gmail.com 16-05-2017 | 09:25 WIB
manjadda wajada