Tidak Naik Kelas, Apa yang Harus Dilakukan?

14-06-2015 | | 0 Komentar

tidak naik kelas

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata "tidak naik kelas"? Sebagian orang akan berpikir jika seseorang pernah tidak naik kelas, maka masa depannya akan suram. Kata tidak naik kelas tersebut menjadi momok yang menakutkan bagi siswa-siswi di sekolah. Pada dunia perkuliahan, kata tidak naik kelas berubah menjadi mengulang mata kuliah yang mungkin menjadi lebih halus di bandingkan tidak naik kelas.

Mengalami tidak naik kelas ataupun mengulang mata kuliah memang tidak menyenangkan dan seringkali membuat seorang siswa atau mahasiswa down. Namun, apa yang harus di lakukan jika Anda mengalami hal buruk tersebut? Coba kita lihat tips menghadapi masalah tidak naik kelas atau mengulang mata kuliah dibawah ini.

Lupakan Masa Lalu, Fokus ke Masa Depan

Saat Anda tidak naik kelas ataupun tidak lulus mata kuliah, pasti ada yang salah dengan yang Anda lakukan sebelumnya. Daripada terlalu lama bersedih, cobalah untuk melupakan hal buruk yang terjadi di masa lalu, dan cobalah untuk membangun kembali semangat dan strategi yang lebih baik untuk masa yang akan datang. Review kembali apa kebiasaan yang salah di masa lalu, dan perbaiki hal tersebut.

Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Saat Anda gagal melakukan sesuatu, Anda tidak perlu menyalahkan diri sendiri. Menyalahkan diri sendiri sama seperti membangun pikiran negatif pada diri sendiri yang seringkali membuat seseorang tidak mampu bangkit dari keterpurukan. Daripada menyalahkan diri sendiri akan lebih baik jika Anda mulai membuat komitmen untuk memulai semua dari awal dan lebih fokus pada keberhasilan.

Belajar Menjadi Terorganisir

Salah satu hal yang dapat menjamin Anda mendapatkan nilai yang lebih baik adalah disiplin, apalagi dalam hal waktu. Banyak siswa yang gagal di sekolah ataupun kuliah karena tidak dapat mengatur waktu mereka dengan baik. Belajarlah untuk menjadi terorganisir dengan membuat manajemen waktu yang baik. Tulis jadwal dan rencana untuk setiap tugas ataupun event yang penting di sekolah. Buatlah catatan yang baik.

Review Kembali Pelajaran Anda

Ketika Anda mengulang kelas, itu berarti anda pernah mempelajari mata pelajaran yang akan di ajarkan. Cobalah buka kembali dan pelajari kembali apa yang telah Anda pelajari. Biasanya akan lebih mudah untuk mempelajari apa yang pernah Anda dengar sebelumnya. Hal ini akan memberikan Anda dasar yang kuat saat nanti tahun ajaran yang baru di mulai.

Konsultasikan dengan Guru/Dosen. 

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang baik di sekolah, Anda perlu memiliki hubungan yang baik dengan guru. Tidak perlu malu untuk bertanya ataupun berkonsultasi permasalahan Anda dengan mereka, baik masalah pelajaran ataupun masalah yang bersifat personal.

Kesimpulannya, mengulang kelas memang sesuatu yang menyakitkan, tetapi itu bukanlah akhir dari segalanya. Tidak perlu terlalu lama bersedih dan mulailah membangun kembali semangat untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar