5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menjadi Guru

07-06-2015 | | 0 Komentar

menjadi seorang guru

Mengajar adalah salah satu pilihan karir yang sangat penting dan berharga bagi kehidupan masyarakat. Menjadi seorang guru tidak akan pernah terlepas dari stres. Menjadi pengajar juga seringkali di pandang sebelah mata dan dari sisi penghasilan terkadang di nilai sangat kecil. Dengan tanggung jawab yang berat, balasan yang di dapat rasanya kurang setimpal. Tidak mengherankan guru sering di sebut pahlawan tanpa tanda jasa. 

Oleh karena itu, sebelum Anda benar-benar yakin bahwa menjadi seorang guru adalah pilihan hidup yang tepat untuk Anda, pikirkan terlebih dahulu secara matang. Cobalah lihat 5 alasan berikut, jika Anda memenuhi 5 alasan menjadi seorang guru berikut, mungkin pilihan hidup untuk mengajar adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Anda memiliki passion mengembangkan Anak Muda

Jika Anda memilih mengajar untuk alasan materi ataupun lainnya selain Anda memiliki passion untuk mengembangkan potensi seseorang, sebaiknya Anda mencari karir lain. Mengajar tidaklah mudah, berurusan dengan setiap siswa juga sangat sulit, ditambah lagi berurusan dengan orang tua murid. Jika Anda tidak memiliki semangat yang cukup, Anda tidak akan bertahan lama menjadi seorang pengajar/guru. Memiliki passion untuk mengembangkan potensi seseorang adalah yang membuat seorang guru menjadi hebat. Mereka dapat menghabiskan waktu mereka berjam-jam untuk mencoba mencari tahu bagaimana mereka dapat membantu siswa mereka dalam mengembangkan potensi dan mempelajari sesuatu dengan lebih mudah. Bagaimanapun juga, apapun pekerjaannya passion adalah motivasi terkuat untuk mendorong setiap jenis karir, tidak terkecuali menjadi seorang pengajar atau guru. Kebanyakan guru yang tidak memiliki passion di bidangnya hanya akan bertahan 1 atau 2 tahun. Sebaliknya guru yang sangat menyukai dunia mengajar dapat bertahan hingga 25 tahun. Tidak jarang kita menemukan kasus dimana seorang guru pernah mengajar suatu keluarga dari Ibu hingga anak bahkan cucu mereka.

Anda ingin membuat perubahan

Mengajar dapat menghasilkan banyak sekali manfaat pada masyarakat luas. Tapi, jangan harap Anda dapat melakukannya dengan mudah. Banyak sekali tantangan yang harus Anda hadapi setelah Anda mengambil karir sebagai seorang guru. Menjadi seorang pengajar sangat berkaitan erat dengan pertumbuhan siswa mereka. Guru dapat mempengaruhi perkembangan siswanya, mereka dapat membuat perubahan pada kehidupan siswa mereka. Guru yang baik berperan penting dalam membuat perbedaan dalam kehidupan siswa mereka karena mereka seakan-akan menjadi orang tua mereka di sekolah. Mereka dapat menjadi panutan bagi siswa-siswinya. 

Anda terampil dalam memberi instruksi

Bagian terberat dalam menjadi seorang guru adalah relasi antara guru dan murid dimana para siswa berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda. Satu siswa dengan yang lainnya mungkin saja membutuhkan cara pendekatan yang sangat berbeda dalam mengajar mereka. Anda harus dapat mengajarkan sebuah konsep yang sama melalui berbagai pendekatan yang berbeda untuk memastikan setiap siswa Anda mengerti apa yang Anda ajarkan. Guru yang fantastis adalah guru yang selalu berkembang. Mereka akan selalu mencari tahu cara atau metode yang lebih baik saat mengajar seseorang. Mereka fleksibel dan mudah beradaptasi mengikuti kepribadian siswa-siswi mereka.

Anda sangat suka bekerja sama

Jika Anda adalah tipe orang yang tidak suka bekerja sama dengan orang lain, mengajar bukan merupakan karir yang tepat bagi Anda. Mengajar sangat berkaitan erat dengan relasi, baik itu relasi dengan murid maupun dengan orang tua murid. Anda dapat menjadi guru yang hebat hanya jika Anda dapat membangun relasi dengan siswa dan orangtua mereka. Orangtua pasti sangat tahu apa yang menjadi kesukaan anaknya, kebiasaan anaknya dan lain sebagainya. Guru dapat mempelajari banyak hal dan informasi untuk siswa mereka melalui hubungan guru-orangtua yang baik. Sementara itu membangun hubungan yang baik dengan siswa mutlak di lakukan oleh seorang guru. Seorang guru tidak akan dapat membantu mengembangkan potensi siswa mereka secara maksimal jika guru tersebut tidak di hormati oleh siswa mereka. Oleh karena itu bekerjasama membangun relasi yang baik terhadap lingkungan sekitar mutlak diperlukan oleh seorang guru.

Anda dapat dengan mudah mengatasi stres

Setiap guru pasti mengalami stres. Ketika Anda mengalami masalah pribadi, Anda harus profesional saat mengajar. Ditambah lagi berurusan dengan banyaknya siswa-siswi yang memiliki keperibadian berbeda-beda. Anda harus memastikan apa yang Anda ajarkan dapat dimengerti setiap siswa. Anda tidak boleh membiarkan orangtua murid mendikte Anda bagaimana mengajar siswa Anda. Ada begitu banyak faktor yang membuat seorang guru menjadi stres Jika Anda tidak tahan dengan stres, sebaiknya jangan menjadi seorang guru.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar