Warna di Tabel Periodik Kimia, Untuk Apa?

25-05-2015 | | 1 Komentar

tabel periodik kimia berwarna

Anda yang menempuh jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pasti akan mempelajari mata pelajaran yang sangat menarik, Kimia. Salah satu materi pelajaran yang paling terkenal dalam kimia adalah tabel periodik. Pada artikel sebelumnya telah di bahas cara menghapal tabel periodik kimia. Pada artikel kali ini, kita akan membahas suatu hal yang mungkin Anda pelajari di sekolah tentang tabel periodik.

Jika Anda pernah melihat tabel periodik kimia, cobalah perhatikan pada buku Anda, tabel periodik tersebut berwarna. Memang ada tabel periodik yang hanya hitam putih, tetapi pada umumnya tabel periodik di cetak dengan berwarna. Pada segmen-segmen tertentu warna kotak pada tabel periodik berbeda. Mungkin Anda sempat terpikir apakah warna tersebut adalah sebuah penanda atau hanya hiasan saja?

Tabel periodik tanpa warna biasanya digunakan untuk hal yang simpel seperti untuk di hapal, tabel periodik versi simpel dan sebagainya. Pada dasarnya, tabel periodik adalah berwarna. Warna pada tabel periodik sendiri sebenarnya adalah sebuah kode. Warna pada tabel sendiri sangatlah penting karena warna-warana ini sebenarnya memberikan informasi tambahan melalui cara pandang yang baru (melalui warna). Tabel periodik di kelompokan menjadi beberapa warna menurut kelompok unsur tertentu.

Beberapa kelompok unsur dapat dengan mudah di identifikasi dengan memperhatikan warna pada tabel periodik. Misalnya kita dapat mengidentifikasi adanya elemen yang bersifat elektronegatif dan mengukur tingkat elektronegatifnya. Selain itu, pewarnaan ini juga di gunakan untuk mengidentifikasi nilai valensi tiap elemen pada tabel periodik kimia tersebut.

Pentingkah Mempelajari Warna pada Tabel Periodik?

Jika ditanya apakah penting atau tidak penting, jawabannya adalah tergantung kebutuhan Anda. Jika Anda hanya perlu mengetahui dasar-dasar dari tabel periodik Kimia, Anda tidak perlu mengetahui lebih mendalam tentang warna-warna dalam tabel periodik. Tapi jika Anda ingin mendalami mata pelajaran kimia lebih mendalam, mempelajari warna ini bukanlah hal yang buruk.

Menggunakan warna ini untuk menghapal tabel periodik bisa dilakukan, tetapi kurang efektif. Mengapa? Pada bagian-bagian tertentu mungkin pembagian warna mudah untuk di hafal. Tapi, pada bagian lainnya ada bagian yang warnanya terkesan mirip sehingga akan sulit untuk di hafal. Cara menghafal seperti menggunakan teknik jembatan keledai mungkin masih jauh lebih efektif.

Bagaimana Cara Menentukan Warna Tabel Periodik?

Saat ini masih belum ada standar warna yang digunakan untuk mengidentifikasi kelompok unsur tertentu. Saat ini, warna teks ataupun warna pada kotak di dalam tabel periodik, sebagian besar masih menjadi masalah preferensi pribadi saja.


Share Artikel ini di Sosial Media

Login untuk memberikan komentar
Muh Rizal R 06-06-2015 | 16:37 WIB
Begitu Bermanafaat
:-)