Tips Mengatasi Penundaan

21-05-2015 | | 0 Komentar

menunda pekerjaan rumah

Masalah utama bagi hampir setiap siswa adalah malas. Rasa malas menghasilkan penundaan. Saat ada pekerjaan rumah yang belum di selesaikan, banyak pelajar yang menunda untuk mengerjakannya. Hasilnya saat tugas sudah dekat dengan batas waktu pengumpulan mereka terburu-buru untuk mengerjakannya. Akibatnya nilai menjadi tidak maksimal. Bahkan tidak jarang penundaan berdampak pada masalah lupa. Terlalu lama menunda mengerjakan tugas seringkali membuat siswa lupa mengerjakan tugas yang berakhir pada nilai nol.

Masalah penundaan memang masalah yang klasik. Dapat terjadi mungkin karena kurangnya motivasi dari seorang pelajar tersebut, atau banyak hal yang mengalihkan pikiran mereka seperti film, permainan dan lain sebagainya. Sangat penting untuk mengatasi masalah ini. Jika Anda adalah salah satu siswa yang sering menunda-nunda pekerjaan, cobalah ikuti beberapa tips berikut.

Matikan musik sebelum Anda belajar. Walaupun ada siswa yang dapat belajar dengan efektif ketika mendengarkan musik, tapi banyak klaim bahwa banyak siswa yang pecah konsentrasinya ketika mereka mendengarkan musik. Oleh karena itu, cobalah belajar dalam suasana yang hening tanpa gangguan musik ataupun suara televisi. Musik seringkali menjadi pengalih perhatian yang dapat menumbuhkan rasa penundaan.

Jangan ada gangguan dari hewan peliharaan. Anda punya hewan peliharaan? Taruh mereka di luar ruangan dan jangan biarkan mereka ada di dekat Anda. Anda mungkin tidak dapat melawan ketika hewan peliharaan Anda ingin mengajak Anda berjalan-jalan atau bermain.

Bawa camilan atau minuman ke meja Anda sebelum mulai belajar. Dengan cara ini, Anda tidak perlu lagi berjalan kaki bolak balik untuk sekedar mengambil minuman atau makanan. Tetap berada di tempat belajar Anda dapat mengurangi kemungkinan rasa malas menghampiri Anda.

Matikan Gadget Anda. Gadget seperti smartphone telah lama menjadi masalah utama dalam hal penundaan pekerjaan. Menerima pesan singkat atau email seringkali mengalihkan perhatian seseorang saat mengerjakan tugasnya. Saat belajar, siswa perlu membangun fokus dan hal tersebut tidak boleh terganggu oleh pesan singkat ataupun apapun.

Matikan Televisi. Sama halnya dengan gadget, televisi menjadi faktor utama dalam merusak fokus saat belajar. Disaat Anda fokus belajar, tiba-tiba muncul adegan yang seru yang merusak fokus Anda. Hal tersebut seringkali terjadi dan berakibat Anda menjadi tidak fokus belajar dan menundanya untuk menonton acara televisi tersebut.

Memang banyak hal yang dapat mengganggu saat Anda ingin fokus dalam belajar. Dengan melakukan tips-tips diatas saja memang dapat mengurangi kemungkinan Anda menunda-nunda pekerjaan. Tapi semuanya kembali lagi pada diri Anda sendiri. Bagaimanapun juga motivasi dari dalam adalah hal yang paling penting dalam mengatasi masalah malas dan penundaan.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar