8 Jenis Siswa Saat Kerja Kelompok

17-05-2015 | | 0 Komentar

foto belajar kelompok

Kerja kelompok itu sama seperti menyatukan beberapa kepribadian ke dalam sebuah tim untuk menyelesaikan suatu tugas. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda dan dengan mengetahui kepribadian setiap anggota tim, hal tersebut akan dapat membuat kerja kelompok menjadi lebih efektif. 

Saat awal memilih anggota kelompok, mungkin memilih posisi dan pekerjaan tertentu tiap anggota akan terlihat mudah. Namun ternyata saat Anda telah berada di dalam kelompok, semua terlihat berbeda. Banyak hal yang perlu diperhatikan dari perbedaan kepribadian setiap anggota. Untuk itu, coba lihat beberapa jenis siswa yang biasanya ada di dalam suatu kelompok di sekolah. Yang manakah Anda?

Si Pekerja Keras

Orang-orang yang bertipe ini tidak akan mengeluh saat di berikan banyak tanggung jawab kepadanya. Dia akan mengerjakan tugas apapun yang di berikan padanya. Terlihat sangat ideal dan dapat diandalkan sebagai anggota kelompok, tetapi jika Anda adalah ketua kelompok, Anda harus memperhatikan orang-orang berjenis kepribadian pekerja keras ini. Terkadang mereka mengerjakan tanpa memberitahukan kepada anggota lainnya apa yang mereka kerjakan dan terkadang hal ini membuat koordinasi tim menjadi berantakan. Kita harus kembali lagi kepada mengapa di bentuknya kelompok. Kelompok di bentuk untuk menyelesaikan tugas secara bersama-sama dan bukan hanya bergantung pada satu orang.

Si Pemalas yang Cerdas

Siswa dengan jenis ini sebenarnya cerdas dan dapat diandalkan di dalam sebuah kelompok, tapi sifat malasnya lah yang menjadi masalah. Orang-orang jenis ini akan mencari cara untuk mendapatkan seminim mungkin tanggung jawab di dalam kelompok. Dia tahu bagaimana cara menyelesaikan suatu tugas dan dia tahu apa saja yang di butuhkan. Jika Anda adalah anggota kelompok, cobalah buat jadwal khusus dan deadline untuk anggota kelompok dengan jenis ini. Jangan ragu untuk memuji jika siswa jenis ini melakukan tugasnya dengan baik. Hal tersebut dapat membuat orang tersebut lebih termotivasi.

Si Pengkritik

Tidak peduli berapa banyak saran yang di berikan oleh anggota kelompok, siswa dengan kepribadian ini akan selalu mengkritik kekurangannya. Dia mungkin mengeluarkan kata-kata bernada negatif seperti "Tidak Bisa" atau "Ide itu Jelek". Namun, biasanya orang-orang dengan kepribadian ini memiliki ide alternatif yang baik. Cukup menjengkelkan memang memiliki anggota tim seperti ini. Namun, jika Anda sekelompok dengan orang berjenis ini, cobalah lebih sabar dan bertoleransi. Tidak jarang orang-orang ini dapat memberikan ide yang sangat brilian.

Siswa yang Bersemangat (di Awal)

Anggota kelompok berjenis ini akan terlihat bersemangat di awal dan semangatnya akan memudar seiring berjalannya waktu. Mereka ingin di sukai di dalam kelompok dan pada awal pertemuan mungkin dia akan meminta banyak tanggung jawab. Jika Anda adalah ketua kelompok, Anda harus terus memperhatikan anggota kelompok seperti ini. Hindari tanggung jawab berlebih pada satu orang saja.

Si Pendiam

Anda dapat menemukan anggota kelompok ini dengan mudah. Mereka sangat pendiam dan pasif, tapi jangan salah sangka terlebih dahulu. Sebenarnya di balik diamnya mereka sering memiliki ide yang brilian. Orang-orang berjenis ini akan mengerjakan tugas yang di berikan padanya dengan baik, tapi mereka bukanlah orang yang aktif untuk meminta tanggung jawab. Jika Anda adalah ketua kelompok, jangan lupa untuk memberikan tanggung jawab dan dorong mereka untuk berpendapat.

Si Populer

Sesuai namanya, anggota kelompok ini memang populer di kelas. Tidak jarang mereka memanfaatkan teman-temannya yang terlihat kurang populer (seperti Si Pendiam). Orang ini memang dapat membuat tim menjadi lebih kompak, tapi jika Anda adalah ketua kelompok, cobalah perhatikan orang-orang dengan tipe ini. Jika mereka mengambil keuntungan dari temannya yang kurang populer, jangan ragu untuk menegurnya.

The Organizer (Si Teratur)

Memiliki anggota kelompok berjenis ini mungkin sangat baik. Mereka sangat suka membuat segala sesuatu teratur hingga masalah penjadwalan. Jika Anda adalah anggota kelompok bertipe ini, jangan lupa gunakan teknologi yang dapat membantu Anda dalam mengatur jadwal.

Si Penghisap Energi

Seperti halnya vampir yang menghisap darah, perilaku negatif juga menghisap energi positif di dalam suatu kelompok. Siswa jenis ini dapat di temukan dengan mudah. Mereka akan sangat suka berkomentar negatif tanpa memberikan solusi. Jika Anda menemukan anggota kelompok seperti ini cobalah perhatikan setiap pernyataan yang dibuatnya apakah valid atau tidak. Jika tidak jangan ragu untuk menegurnya. Jika masih tidak mempan, mungkin Anda harus berkonsultasi dengan guru Anda.


Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar