5 Kebiasaan Buruk ini Dapat Menurunkan Nilai Anda

16-05-2015 | | 0 Komentar

kebiasaan buruk saat belajar

Apakah Anda pernah mengalami kondisi saat Anda belajar berjam-jam dan merasa yakin untuk mengerjakan ujian, tapi justru yang terjadi adalah Anda tidak dapat mengerjakan ujian Anda. Dan hasilnya nilai Anda kurang bagus. Jika hal ini terjadi pada Anda, mungkin kebiasaan belajar Anda di sekolah maupun di rumah ada yang salah. 

Proses belajar cukup unik dan misterius. Belajar dengan giat belum tentu mencapai hasil yang maksimal. Tapi ada siswa yang hanya belajar sebentar selalu mendapat hasil yang baik. Menurut studi, proses yang paling efektif dalam menyerap ilmu saat belajar di pengaruhi oleh kebiasaan yang dilakukan oleh seorang siswa. Hasil ujian yang kurang baik, bisa jadi bukan karena Anda malas belajar, tapi karena Anda memiliki kebiasaan buruk saat belajar. Untuk mengetahuinya coba lihat beberapa kebiasaan buruk yang harus di hindari saat belajar baik di sekolah maupun di rumah.

Mencatat Secara Linear

Bagaimana cara Anda mencatat di kelas? Apakah Anda mencoba mencatat setiap kata yang di katakan oleh seorang guru/dosen? Jika Anda melakukan hal tersebut, Anda memiliki kebiasaan yang buruk. Menulis setiap kata yang di katakan oleh guru itu sangat tidak efektif dalam belajar. Anda tidak akan fokus dari apa yang di ajarkan oleh guru karena Anda akan terfokus untuk menulis apa yang dikatakannya.

Saat guru menjelaskan, cara terbaik yang perlu Anda lakukan adalah mencerna apa yang di maksud oleh seorang guru. Menulis semua kata ke dalam catatan Anda, justru akan membuat catatan Anda penuh dengan kalimat-kalimat yang mungkin nantinya Anda sendiri tidak mengerti. Cobalah buat catatan dengan kata kunci dan hubungkan kata kunci tersebut. Coba lihat artikel Mencatat Efektif di Sekolah untuk selengkapnya.

Menstabilo Buku Secara Berlebihan

Apakah Anda sering membuat stabilo ke buku Anda? Menstabilo buku baik catatan ataupun buku teks secara berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab nilai Anda kurang bagus. Warna-warna cerah pada buku memang dapat membuat buku tampak lebih menarik sehingga Anda mungkin akan lebih tertarik untuk mempelajari suatu materi. Namun, seringkali siswa mewarnai informasi yang tidak penting dan hal tersebut justru membuat bingung saat Anda ingin membaca kembali buku catatan atau buku teks Anda.

Penggunaan stabilo memang bisa menjadi alat yang efektif saat belajar, tapi Anda perlu tahu bagaimana cara penggunaannya. Yang harus Anda lakukan dengan stabilo Anda adalah Anda harus mewarnai kata kunci dalam sebuah buku. Selain itu, Anda juga perlu membuat kode warna tertentu dalam menggunakan stabilo.

Menulis Ulang Catatan

Banyak siswa yang berpikir menulis ulang catatan adalah cara yang baik untuk menghafal. Menulis ulang memang dapat digunakan untuk meningkatkan informasi dalam memori. Tapi, sebagian besar siswa tidak tahu caranya bagaimana menulis ulang catatan yang baik. Mereka terbiasa hanya menyalin apa yang ada di catatan mereka.

Cara terbaik untuk menulis ulang catatan adalah dengan menulis ulang, tapi dengan merangkumnya. Cara ini dapat sangat efektif karena saat merangkum suatu catatan, otak akan bekerja untuk mengingat dan menyimpan informasi-informasi yang penting.

Membaca Ulang Materi

Sebenarnya kebiasaan membaca ulang materi bukanlah hal yang buruk. Tapi masalah sama seperti menulis ulang catatan. Kebanyakan siswa hanya membaca ulang tanpa memahami apa yang dibacanya. Hal tersebut tidak akan efektif. Jika Anda memiliki kebiasaan membaca ulang materi, cobalah membaca ulang kemudian merangkumnya di dalam otak. Lakukan hal tersebut sebelum Anda tidur.

Menghafal Definisi

Kebiasaan ini sangat sering terjadi pada seorang siswa. Saat belajar, cara terbaik dan efektif untuk mempelajari sesuatu adalah memahami apa yang dimaksud dalam suatu pelajaran. Namun, sebagian besar siswa justru hana menghafal definisi tanpa mengerti maksudnya.



Share Artikel ini di Sosial Media

Belum ada komentar. Jadilah yang Pertama Memberikan Komentar
Login untuk memberikan komentar